Proses pembelajaran tari seblang lukinto di jurusan seni tari kelas XI SMKN 1 Banyuwangi / Dining Setianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran tari seblang lukinto di jurusan seni tari kelas XI SMKN 1 Banyuwangi / Dining Setianingrum

Setianingrum, Dining (2021) Proses pembelajaran tari seblang lukinto di jurusan seni tari kelas XI SMKN 1 Banyuwangi / Dining Setianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setianingrum Dining. 2021. Proses Pembelajaran Tari Seblang Lukinto di Jurusan Seni Tari Kelas XI SMKN 1 Banyuwangi. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Wara Suprihatin D. P M.Pd (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata Kunci Proses Pembelajaran Tari Seblang Lukinto SMKN 1 Banyuwangi SMKN 1 Banyuwangi merupakan satu-satunya sekolah yang memiliki jurusan seni tari di kabupaten Banyuwangi. Sekolah ini melaksanakan pembelajaran dengan materi tari tradisi Seblang Lukinto yang dilaksanakan di kelas XI. Jurusan seni tari bediri sejak tahun 2015 prestasi yang dimiliki oleh siswa- siswi dalam bidang seni tari sangat beragam diantaranya juara 1 tari Kembang Pepe (seblang) dan lomba karya tari daerah setempat. Jurusan seni tari di SMKN 1 Banyuwangi banyak diminati oleh siswa siswi di dalam maupun luar daerah SMKN 1 Banyuwangi telah meraih prestasi di bidang seni tari dua kali berturut turut setiap tahunnya karena di Banyuwangi selalu ada festival tari khusus untuk tari gandrung yang meliputi tari Kembang Pepe Seblang Lukinto dan Gandrung kreasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari Seblang Lukinto di jurusan seni tari kelas XI SMKN 1 Banyuwangi meliputi perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan cara mereduksi data menyajikan data serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas XI SMKN 1 Banyuwangi meliputi 1) perencanaan pembelajaran yakni penyusunan rencana pembelajaran oleh guru yang dilakukan setiap awal semester dan sesuai dengan kurikulum 2013 meliputi silabus dan RPP 2) pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari rencana pembelajaran yakni pelaksanaan pembelajaran menggunakan model discovery metode ceramah dan demonstrasi media pembelajaran meliputi video audiovisual serta properti berupa sampur dan kipas kemudian pengelolaan kelas merupakan upaya guru untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan siswa 3) evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui nilai dari hasil belajar siswa yakni penilaian afektif kognitif dan psikomotorik. Kesimpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran tari Seblang Lukinto di jurusan seni tari SMKN 1 Banyuwangi meliputi tiga hal yakni perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan dengan penelitian sejenis serta dapat dijadikan referensi dalam penelitian yang lain untuk mengembangkan proses pembelajaran yang lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193988

Actions (login required)

View Item View Item