Penerapan visualisasi kosakata Bahasa Jerman berbasis multimedia powtoon bagi siswa kelas X Bahasa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang / Erny Joharnia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan visualisasi kosakata Bahasa Jerman berbasis multimedia powtoon bagi siswa kelas X Bahasa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang / Erny Joharnia

Joharnia, Erny (2020) Penerapan visualisasi kosakata Bahasa Jerman berbasis multimedia powtoon bagi siswa kelas X Bahasa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang / Erny Joharnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Joharnia Erny. 2020. Penerapan Visualisasi Kosakata Bahasa Jerman Berbasis Multimedia Powtoon Bagi Siswa Kelas X Bahasa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran media Powtoon kosakata Kennenlernen andere vorstellen. Kosakata merupakan salah satu alat untuk berkomunikasi. Media Powtoon adalah media yang dapat diterapkan oleh guru untuk menyampaikan materi dan digunakan sebagai alat untuk siswa mengenal kosakata baru pada materi andere vorstellen. Media Powtoon merupakan gabungan antara audio dan video yang berisi animasi-animasi bergerak dengan perpaduan warna background dan tulisan yang menarik. Pada setiap slide berisi materi-materi terkait materi andere vorstellen yaitu seperti Konjugation Redemittel dan kosakta untuk memperkenalkan orang lain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan visualisasi materi kosakata bahasa Jerman berbasis multimedia powtoon bagi siswa kelas X Bahasa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 35 siswa kelas X Bahasa Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Malang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan angket. Hasil yang didapat dari penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya media powtoon siswa dapat belajar dengan kondusif materi pembelajaran dapat tersampikan dengan baik setelah siswa disajikan video powtoon yang berisi materi selain itu siswa juga mampu mengidentifikasi dan menemukan kosakata baru serta melakukan dialog untuk memperkenalkan orang lain pada tema Kennenlernen. Kemudian siswa tertarik dan merasa tidak bosan selama belajar dengan media powtoon. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media powtooon dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193898

Actions (login required)

View Item View Item