Efektivitas penggunaan media kartu gambar untuk meningkatkan pemahaman berhitung siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Putra Jaya Malang / Bella Lailatul Madinah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan media kartu gambar untuk meningkatkan pemahaman berhitung siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Putra Jaya Malang / Bella Lailatul Madinah

Madinah, Bella Lailatul (2021) Efektivitas penggunaan media kartu gambar untuk meningkatkan pemahaman berhitung siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Putra Jaya Malang / Bella Lailatul Madinah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Madinah B. L. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Berhitung Siswa Tunagrahita Kelas Viii Di Slb Putra Jaya Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si (2) Rizqi Fajar Pradipta M.Pd Kata Kunci Media Kartu Gambar Pemahaman Berhitung Tunagrahita sedang Anak tunagrahita merupakan anak yang membutuhkan layanan khusus. Anak tunagrahita dapat diartikan anak yang kecerdasannya rendah hal tersebut membuat anak sulit menyelesaikan tugasnya dan membutuhkan bimbingan serta layanan pendidikan yang penuh untuk memenuhi kebutuhannya. Anak dengan Reterdasi Mental memiliki keterbatasan intelektual yang kurang dalam hal belajar terutama kurang cakap hal-hal abstrak yang berbelit-belit dan yang sulit. Anak tunagrahita kurang mampu untuk membina diri memusatkan perhatian bahkan kesulitan untuk memahami petunjuk. Mereka juga cenderung pemalu kurang kreatif perlu waktu belajar yang lama daripada anak reguler dan memiliki ingatan yang terbatas. Hal tersebut mengakibatkan anak tunagrahita kesulitan belajar terutama pada hal mengingat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Putra Jaya Malang. (2) Mengetahui upaya meningkatkan pemahaman berhitung siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Putra Jaya Malang. (3) Mengetahui pengaruh media kartu gambar terhadap pemahaman berhitung siswa tunagrahita kelas VIII di SLB Putra Jaya Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre Experimenal Design dengan bentuk One Group Pre-test ndash Post-test. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas VIII tunagrahita sedang di SLB Putra Jaya Malang yang berjumlah 4 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pemahaman berhitung. Analisis yang digunakan yaitu uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan media kartu angka dan kartu gambar pada kemampuan berhitung dari 4 orang siswa tunagrahita kelas VIII. Nilai rata-rata pre-test 67 25 sedangkan nilai rata-rata post-test 89 75. Hasil nilai post-test lebih tinggi dibandingkan dengan hasil nilai pre-test. Berdasarkan perhitungan melalui uji Wilcoxon dengan n 4 pada taraf signifikan 0 05 diperoleh 0 9 maka diterima karena (0) le (0 9) yang artinya hipotesis yang telah diajukan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kartu angka dan gambar memiliki pengaruh terhadap peningkatan pemahaman berhitung pada siswa Tungrahita sedang kelas VIII di SLB Putra Jaya Malang. Saran untuk guru kelas diharapkan menerapkan pembelajaran menggunakan media kartu angka dan kartu gambar sebagai pembelajaran matematika sehingga siswa dapat tertarik dan dapat meningkatkan prestasi belajar. Penggunaan media ini sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran berhitung. Media kartu angka dan kartu gambar menunjukkan bahwa bisa menjadi sarana dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan dan memotivasi siswa agar dapat berfikir efektif serta efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193753

Actions (login required)

View Item View Item