Pitri, Elida (2020) Pengembangan aplikasi seks edukasi anak untuk anak tunagrahita kls IX di SMPLB B/C Kepanjen / Elida Pitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan aplikasi seks edukasi anak di sekolah menengah tidak hanya tertuju pada siswa reguler saja tetapi juga siswa berkebutuhan khusus yang bersekolah di SMPLB. Walaupun memliki kekhususan tetapi siswa berkebutuhan khusus juga layak untuk mendapatkan pendidikan seks supaya mereka bisa memahami fungsi anggota tubuhnya dan menjaga diri dari kekerasan seksual yang sering terjadi di masyarakat Penelitian ini dilaksanakan di SMPLB B/C Kepanjen Malang pengenalan pendidikan seks masih sangat minim ada beberapa siswa yang belum paham atas tindakan yang salah dan terus diulang seperti sering memeluk mencium dan menyentuh anggota tubuh lawan jenisnya. Oleh karena itu salah satu upaya adalah mengenalkan pendidikan seks dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan prodak aplikasi seks edukasi anak sebagai pendamping guru saat mengajarkan pentingnya memahami anggota tubuh dan bagaimana menghindari kekerasan seksual yang sering terjadi.pengembangan aplikasi dikembangkan melalaui adaptasi Lee Owens yang mulanya ada 5 langkah Analysis Design Development Implementation dan Evaluation. Uji coba produk melawati tes kelayakan melalui ahli media ahli materi dan praktisi. Hasil pengembangan produk menunjukan bahwa aplikasi seks edukasi anak dikategorikan valid sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai penunjang media pembelajaran dalam memperkenalkan pendidikan seks untuk anak tunagrahita. Hasil ahli validasi media 87 5% 96 8% 90 6% masuk dalam katagori sangat layak hasil validasi ahli materi 85 7% 100% 98% yang termasuk katagori sangat layak hasil dari praktisi 82 8% 82 8% 100% yang termasuk dalam katagori sangat layak. Kesimpulan pada penelitian ini yakni dihasilkan produk yang valid sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa tunagrahita kelas IX di SMPLB B/C Kepanjen. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih menginovasi desain visual media dan memperluas sasaran subjek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |