Meningkatkan hasil belajar siswa materi keliling bangun datar melalui pendekatan tpack di kelas iii sdn 1 doplang kabupaten blora / MELARIKA MAWAR NINGRUM - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar siswa materi keliling bangun datar melalui pendekatan tpack di kelas iii sdn 1 doplang kabupaten blora / MELARIKA MAWAR NINGRUM

Ningrum, Melarika Mawar Ningrum (2021) Meningkatkan hasil belajar siswa materi keliling bangun datar melalui pendekatan tpack di kelas iii sdn 1 doplang kabupaten blora / MELARIKA MAWAR NINGRUM. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan TPACK ini dapat membantu guru dalam mengajar dengan menggunakan media pembelajaran video dan game edukasi yang diharapkan dapat membantu dalam menyampaikan materi agar lebih menarik dan menyenangkan sehingga siswa tidak mudah merasa bosan guru juga menggunakan komputer dalam mengolah hasil nilai siswa seperti microsoft excel (Technological Knowledge). Selain itu guru juga menerapkan strategi pembelajaran tertentu dengan menyesuaikan materi yang sedang diajarkan (Pedagogical Knowledge). Selanjutnya adalah pengetahuan materi yang akan diajarkan oleh guru substansi apa saja yang akan diajarkan harus benar-benar dikuasai oleh guru baru akan diajarkan ke siswa (Content Knowledge). Penelitian yang dilakukan di kelas III SDN 1 Doplang Kabupaten Blora ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas John Elliot yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilakukan dengan responden sebanyak 14 siswa dengan 10 laki-laki dan 4 siswa perempuan. Aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Diketahui pada siklus I pertemuan I aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 70% dengan kriteria baik dan siklus I pertemuan 2 memperoleh persentase 80% dengan kriteria baik sekali. Pada siklus I ini siswa hanya kurang aktif mengikuti proses belajar mengajar karen lebih terbiasa dengan model pembelajaran yang berfokus pada guru. Pada siklus II pertemuan 1 aktivitas siswa meningkat dengan memperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria maksimal dan pada siklus II pertemuan 2 aktivitas siswa meningkat dengan memperoleh persentase 100% dengan kriteria maksimal. Siswa mulai aktif berdiskusi dengan teman sekelas. Siswa juga sudah sangat memahami materi dengan mencari secara mandiri menggunakan internet sehingga siswa bisa menyusun soal-soal untuk dikerjakan oleh teman kelasnya. erdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi keliling bangun datar kelas III SDN 1 Doplang Kabupaten Blora dapat ditingkatkan dengan melakukan pendekatan TPACK pada tahap pra tindakan siklus I dan siklus II menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa materi keliling bangun datar meningkat dengan sangat signifi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/193351

Actions (login required)

View Item View Item