Soidhah, Vivi Okta Nur (2020) Pengembangan media pembelajaran pop up book pada muatan PKN tema 7 sub tema keragaman suku bangsa dan agama kelas IV SD / Vivi Okta Nur Soidhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ringkasan Soidhah vivi okta nur. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Muatan PKN Tema 7 Sub Tema 1 Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Kelas IV SD. Skripsi. Prodi PGSD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Sutarno M.Pd. (2) Drs. Imam Nawawi M.Si Kata kunci media pembelajaran pop up book PKN. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara wali kelas IV SDN Madulegi II Kabupaten Lamongan. Permasalahan yang terjadi terdapat pada proses pembelajaran PKN. Salah satunya permasalahan yang terjadi pada muatan pembelajaran PKN dengan tidak adanya media pembelajaran. Keberadaan media dalam proses pembelajaran memiliki peranan penting untuk memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalitas. Pengembangan media pada penelitian ini disebut dengan media pop up book. Pengembangan media Pop up book merupakan sebuah buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau memiliki unsur 3 dimensi yang dapat bergerak ketika halamannya dibuka. Tujuan Pengembangan media Pop up book ini menghasilkan produk media yang valid menurut ahli media menghasilkan produk media yang valid berdasarkan ahli materi dan menghasilkan produk media yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan langkah penelitian pengembangan model Borg and Gall. Data yang diolah nantinya berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada 3 validator ahli media 2 validator ahli materi 1 ahli pengguna guru kelas IV dan siswa SDN Madulegi II sejumlah 13 siswa. Berdasarkan hasil penilaian ahli media mencapai tingkat kevalidan 91 1% validitas materi mencapai 96% dan validasi pengguna 90%. Sedangkan dari segi kepraktisan dan kemenarikan mencapai 100%. Kevalidan produk masuk tingkat pencapaian interval 85 01%-100 00% yang dinyatakan sangat valid. Sedangkan kepraktisan dan kemenarikan produk masuk tingkat pencapaian interval 76P100 yang dinyatakan sangat praktis dan menarik Hasil validasi ahli media ahli materi dan ahli pengguna (guru dan siswa) dinyatakan sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Sebagai media pembelajaran ldquo pop up book rdquo mampu membantu guru dalam menyajikan materi keberagaman suku bangsa dan agama. Hal ini akan memudahkan siswa dalam menerima informasi terkait dengan materi karena kegiatan tersebut sudah digambarkan melalui ilustrasi. Dikarenakan anak-anak cenderung sensitive terhadap gambar oleh karena itu pemilihan media yang penuh dengan ilustrasi akan sangat memudahkan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka dapat diambil kesimpulan bahwa media ldquo pop up book rdquo sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut yaitu dapat menambahkan materi atau mengembangan materi sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dengan tetap memperhatikan dan memperhitungkan karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/193344 |
Actions (login required)
View Item |