Pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention melalui brand trust pada ms glow for men (studi pada calon konsumen ms glow for men) / Muhammad Nur Arif Budiman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention melalui brand trust pada ms glow for men (studi pada calon konsumen ms glow for men) / Muhammad Nur Arif Budiman

Budiman, Muhammad Nur Arif Budiman (2021) Pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention melalui brand trust pada ms glow for men (studi pada calon konsumen ms glow for men) / Muhammad Nur Arif Budiman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi informasi saat ini berkembang pesat dan telah dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat untuk menunjang aktifitas hidupnya. Media sosial menjadi media online yang saat ini para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi maupun berbagi informasi. Media sosial yang sering digunakan oleh mayoritas penduduk Indonesia adalah Instagram. Hal ini menjadi sebuah peluang bisnis bagi para pelaku bisnis u ntuk memasarkan produknya melalui media sosial Instagram. Melalui iklan para perlaku usaha berusaha untuk menarik minat konsumen untuk membeli barang yang mereka tawarkan. Celebgram menjadi salah satu cara pelaku bisnis untuk mengiklankan usahnya dengan menggandeng celebrity endorser. Praktik penggunaan celebrity endorser telah diterapkan oleh MS Glow For Men yang menggunakan Arief Muhammad sebagai celebrity endorser. Celebrity endorser yang memiliki keterampilan dan dikenal masyarakat secara tidak langusng menumbuhkan keyakinan konsumen akan produk yang diiklankan oleh celebrity endorser tersebut sehingga memicu purchase intention. Dorongan konsumen yang berminat membeli produk tersbut juga didukung oleh kekuatan brand trust sehingga persepsi konsumen terhadap merek yang dipercaya dapat memutuskan mereka untuk membeli produk tersebut. Terdapat tiga jenis dalam penelitian ini yaitu variabel independen adalah celebrity endorser (X) variabel dependen adalah purchase intention (Y) dan variabel mediasi adalah brand trust (Z). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden dengan menggunakan metode purposive sampling dengan teknik non probability sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dengan 20 item pernyataan yang diukur menggunakan skala likert. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi WarpPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention kemudian celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust selanjutnya brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention dan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention melalui brand trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192520

Actions (login required)

View Item View Item