Persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Herdadi, Xaviera Sabyasachi (2021) Persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan di Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Archivelago Indonesia Marine Library merupakan perpustakaan khusus yang berada di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Perkembangan sistem informasi yang dimiliki oleh Archivelago Indonesia Marine Library memiliki kemjuan yang cukup signifikan yang telah memberikan fasilitas yang cukup baik, akan tetapi perpustakaan belum mengetahui persepsi dari pemustaka tentang kualitas layanan di perpustakaan tersebut. Layanan yang baik di antaranya dapat mengetahui dari persepsi pemustaka. Oleh karna itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan dengan menggunakan metode LibQUAL+TM di Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Archivelago Indonesia Marine Library) dengan berdasarkan dimensi dari Affect of Service (mengenai sikap tenaga perpustakaan dalam merespon kebutuhan pemustaka), Information Control (mengenai akan media informasi) dan Library as Place (fasilitas ruangan yang tersedia). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan data yang digunakan dengan kuesioner. Data dinyatakan valid dan reliabel jika r hitung = 0,92029. Subjek penelitian adalah pegawai di kementerian kelautan dan perikanan yang berjumlah 92 responden yang ditentukan menggunakan pendekatan Slovin dengan tingkat kepercayaan 90% dengan nilai e=10%. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi pemustaka perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan terhadap kualitas pelayanan masuk dalam kategori sangat baik pada komponen affect of service memperoleh skor 4,34, information control memperoleh skor 4,19 dan library as place memperoleh 4,33. Berdasarkan skala interval yang sudah ditentukan, maka persepsi pemustaka perpustakaan kementerian kelautan dan perikanan terhadap kualitas layanan sebagian besar adalah sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 03:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192485

Actions (login required)

View Item View Item