Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing materi sistem gerak dan sistem sirkulasi berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi dengan menggunakan tes diagnostik three-tier pada siswa kelas xi sma/ma di jawa timur / IKA AIRIN NUR ROHMADHANI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing materi sistem gerak dan sistem sirkulasi berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi dengan menggunakan tes diagnostik three-tier pada siswa kelas xi sma/ma di jawa timur / IKA AIRIN NUR ROHMADHANI

Rohmadhani, Ika Airin Nur Rohmadhani (2021) Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing materi sistem gerak dan sistem sirkulasi berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi dengan menggunakan tes diagnostik three-tier pada siswa kelas xi sma/ma di jawa timur / IKA AIRIN NUR ROHMADHANI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Miskonsepsi adalah masalah bagi pendidik karena dapat menghalangi siswa dalam menerima pembelajaran baru. Miskonsepsi merupakan konsep yang diyakini siswa yang berbeda dengan konsep ilmiah. Miskonsepsi juga berdampak buruk bagi siswa karena akan terjadi kesulitan dalam proses pembelajaran dan penerapannya Miskonsepsi sangat tahan terhadap perubahan apalagi jika menggunakan metode pembelajaran tradisional dan menjadi hambatan untuk menerima pengetahuan ilmiah lebih lanjut. Salah satu sumber miskonsepsi adalah buku teks. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa dilipatgandakan oleh miskonsepsi yang terdapat pada buku teks. Berdasarkan penjelasan guru biologi SMAN 2 Trenggalek buku teks yang dipakai siswa muatan materi tidak lengkap. Informasi yang tidak lengkap dapat menjadi penyebab miskonsepsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul materi Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three tier pada siswa kelas XI SMA/MA di Jawa Timur. Penyusunan modul materi Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three-tier ini menggunakan dua tahap penelitian. Penelitian tahap I menyusun tes diagnostik three-tier menggunakan model Treagust. Berikut tahapan penyusunan tes diagnostik three-tier menggunakan model Traegust (a) mendefinisikan konten (b) memperoleh informasi (c) penyusunan tes diagnostik. Penelitian tahap II mengembangkan modul menggunakan model pengembangan Analyze Design Development Implement dan Evaluation (ADDIE) tetapi pada tahapan implement tidak dilakukan. Objek penelitian untuk identifikasi miskonsepsi yaitu siswa kelas XI di 12 sekolah yang berada di wilayah Trenggalek Kediri Malang Kota dan Lamongan dengan siswa sejumlah 669. Objek penelitian pengembangan modul adalah siswa kelas XI SMAN 2 Trenggalek. Penelitian yang dilakukan yaitu mengembangkan modul materi Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi berdasarkan hasil identifikasi miskonsepsi yang berfungsi untuk mencegah miskonsepsi. Hasil identifikasi miskonsepsi diketahui siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi sistem gerak sebesar 17 05% yang termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi Sistem Gerak dari hasil identifikasi miskonsepsi menggunakan tes diagnostik three-tier tergolong sedikit/rendah. Sedangkan siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi sistm sirkulasi sebesar 31 38% yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi Sistem Sirkulasi dari hasil identifikasi miskonsepsi menggunakan tes diagnostik three-tier tergolong sedang. Modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Modul memiliki kevalidan sebesar 100% setelah divalidasi yang termasuk pada kategori sangat valid atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Modul ini memiliki ciri khas yaitu selain berisi kegiatan belajar latihan soal dan konsep-konsep juga ditambahkan komponen untuk menunjang fungsi modul dalam mencegah miskonsepsi. Komponen yang dimaksud adanya kotak penting yang bertulisan ldquo BIO FOKUS rdquo yang berisi pembenaran konsep materi Sistem Gerak dan Sistem Sirkulasi yang sering siswa mengalami miskonsepsi. Karakteristik lainnya yaitu pada modul terdapat link video dan banyak digunakan lebih memudahkan siswa memahami materi yang abstrak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192439

Actions (login required)

View Item View Item