Rachmawaty, Dhinarty Umi (2021) Pengaruh praktikum inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa pada materi laju reaksi / Dhinarty Umi Rachmawaty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran berbasis praktikum bertujuan mengembangkan pemahaman yang terkait dengan konten ilmiah ketrampilan pemecahan masalah ketrampilan sains dan pemahaman sifat sains. Praktikum inkuiri terbimbing dapat melatih kemampuan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dapat ditunjukkan dengan memberikan argumentasi ilmiah secara logis disertai bukti-bukti dan alasan dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum inkuiri tebimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa ditinjau dari kemampuan awal siswa pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu posttest only control group design dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA salah satu SMAN di Malang tahun ajaran 2019-2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas XI MIPA H3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA F3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan praktikum inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol dibelajarkan menggunakan praktikum verifikatif. Instrumen pengukuran soal tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berargumentasi ilmiah berupa soal two tier semi terbuka dan terbuka. Validitas isi soal tes kemampuan berpikir kritis sebesar 92 1% dengan r 0 762 sedangkan tes hasil belajar kognitif sebesar 95 87% dengan r 0 645. Uji hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur dengan SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan praktikum inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan praktikum verifikatif. Siswa yang berkemampuan awal tinggi akan memiliki kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi. Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan berargumentasi ilmiah siswa pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan penelitian lebih lanjut menggunakan model pembelajaran praktikum inkuiri terbimbing untuk variabel dan materi kimia lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/192434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |