Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri se-kabupaten Tulungagung / Kurnia Mega Selena - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri se-kabupaten Tulungagung / Kurnia Mega Selena

Salena, Kurnia Mega (2021) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri se-kabupaten Tulungagung / Kurnia Mega Selena. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan pada suatu pendidikan tidak lepas dari peran seorang guru yang memegang peran penting sebagai tenaga pendidik atau mengendalikan semua proses pembelajaran di sekolah. Selain itu dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tentu saja ada arahan dari seorang kepala sekolah sebagai manajer dan mengelola sumber daya yang ada di sekolah. Manajerial kepemimpinan kepala sekolah sangat mempengaruhi mutu dan efektivitas sekolah dengan pengelolaan yang tepat dapat menghasilkan lingkungan sekolah yang kondusif menciptakan suasan belajar yang dapat memotivasi para anggota sekolah untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi. Penelitian ini mengkaji tentang keadaan guru terhadap aspek yang dapat mempengaruhi kinerja guru SD Negeri di Kabupaten Tulungagung yakni kepemimpinan transformasional kepala sekolah motivasi kerja guru dan iklim sekolah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah motivasi kerja guru iklim sekolah dan kinerja guru SD Negeri Se- Kabupaten Tulungagung (2) pengaruh langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah (3) pengaruh langsung antara motivasi kerja guru terhadap iklim sekolah (4) pengaruh langsung secara simultan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah motivasi kerja guru terhadap iklim sekolah (5) pengaruh langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru (6) pengaruh langsung antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru (7) pengaruh langsung antara iklim sekolah terhadap kinerja guru (8) pengaruh tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui iklim sekolah (9) pengaruh tidak langsung antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru melalui iklim sekolah dan (10) pengaruh langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah motivasi kerja guru dan iklim sekolah terhadap kinerja guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri sebanyak 2.867 orang guru dengan jumlah sampel sebanyak 256 orang guru yang ditentukan melalui teknik cluster propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang berupa angket tertutup dengan pengukuran skala likert. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan bantuan program SPSS for Windows Versi 26. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dana analisis jalur maka diperoleh hasil penelitian (1) tingkat kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kategori sangat tinggi tingkat motivasi kerja guru dengan kategori sangat tinggi tingkat iklim sekolah dengan kategori sangat tinggi dan tingkat kinerja guru dengan kategori sangat tinggi (2) terdapat pengaruh langsung secara signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap iklim sekolah (3) terdapat pengaruh langsung secara signifikan antara motivasi kerja guru terhadap iklim sekolah (4) terdapat pengaruh langsung secara simultan dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah motivasi kerja guru terhadap iklim sekolah (5) terdapat pengaruh langsung secara signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru (6) terdapat pengaruh langsung secara siginifikan antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru (7) terdapat pengaruh langsung secara signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru (8) terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui iklim sekolah (9) terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara motivasi kerja guru terhadap dengan kinerja guru melalui iklim sekolah dan (10) terdapat pengaruh langsung secara simultan dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah motivasi kerja guru dan iklim sekolah terhadap kinerja guru. Berkaitan dengan hasil dari temuan pada penelitian ini untuk diberikan saran kepada (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung agar dapat dijadikan sebagai bahan rujukan atau masukan guna dalam pengambilan kebijakan untuk mengembangkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kinerjanya (2) Kepala Sekolah Dasar Negeri Se- Kabupaten Tulungagung diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan rujukan atau masukan dalam pengambilan keputusan tentang pembinaan guru guna upaya meningkatkan kinerjanya dalam mengajar melaksanakan tugas-tugas tambahan yang diberikan kepada guru dan dapat menjaga kondisi iklim sekolah yang sudah kondusif serta dapat memberikan dorongan kepada guru supaya dapat meningkatkan motivasi kerjanya dalam meningkatkan kinerjanya (3) Guru Sekolah Dasar Negeri Se- Kabupaten Tulungagung diharapkan dapat mempertahankan kinerja guru yang sudah baik dapat terus menjalin keakraban dengan rekan kerja pada organisasi di sekolah sehingga tetap terjaga kondisi iklim sekolah yang kondusif dan meningkatkan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam memberikan motivasi kepada guru untuk terus meningkatkan kinerjanya dengan baik dan (4) Bagi peneliti lain jika memiliki keinginan untuk meneliti tentang kepemimpinan transformasional kepala sekolah supaya penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan untuk menelusuri variabel yang lain dan di luar variabel motivasi kerja guru iklim sekolah dan kinerja guru oleh karena itu hasil penelitiannya dapat menambah wawasan bagi peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/192414

Actions (login required)

View Item View Item