Pendekatan inkuiri berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 cawu 3 MAN 3 Malang / oleh Lenda Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan inkuiri berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 cawu 3 MAN 3 Malang / oleh Lenda Lestari

Lestari, Lenda (2007) Pendekatan inkuiri berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 cawu 3 MAN 3 Malang / oleh Lenda Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK LestariL enda.2 002.P endekatanIn kuiri BerbasisS ainsT eknologMi asyarakat (STM) dalam Proses Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar SiswaK elasI Cawu3 MAN 3 Malang. Skripsi J urusan PendidikanF isikaF MIPA UniversitasN egeriM alang. Pembimbing( I ) Drs. Arief Hidayat M .Si Ph.D.( ID Drs. Muhardjito M.Si Kata kunci SainsT eknologiM asyarakatP embelajaraFni sika P restasBi elajar Inkuiri. Penelitiani ni bertujuanu ntuk mengetahuei fektifitasp embelajaranfi sika dengan pendekatan inkuiri berbasis sains teknologi masyarakat dan ketuntasan belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan tradisionapl adap okokb ahasank alor danp erpindahakna lor. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IA (kelas ekspenmend)a n IB (kelask ontrol) denganju mlah siswa kelask ontrol 3l orang dank elase ksperimen3 2 orang.P engambilans ampelp enelitiani ni menggunakan teknik random. Desain penelitian ini hanya menggunakan post test subjek dipadankans erta sampel tidak diacak maka penelitian ini merupakanj enis eksperimesne mu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan pendekatainn kuiri berbasiss ainst eknologim asyarakalte bih efektifdibandingkan denganp endekatantr adisionalP. adas ignifikansi5 % diperoleht 6x u thbdy aitu 8 20 1 669. Selanjutnya peningkatan hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimedna patd ilihat dari ketuntasanin dividu sebanyak1 8 orang k etuntasan klasikal5 6 25% dayas eraps iswa6 1 38o /od anrata-ratzk elas6 1 38 s edangkan padak elas kontrol tidak diperolehk etuntasanin dividu dan ketuntasank lasikal dayas eraps iswa4 2 04o /od anrata-ratakela4s2 04. Hasil di atasm emberip etunjukb ahwap endekatanin kuiri berbasiss ains teknologim asyarakatle bih efektif untuk meningkatkanp restasib elajar fisika siswap adap okokb ahasank alor danp erpindahakna lor. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengukur peningkatan kreativitas siswa dalam menerapkank onsep-konsepfi sika siswa pada kehidupanm asyarakat s ampai siswab erhasiml embuast uatuk aryas ederhanyaa ngr amahl ingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item View Item