Rahmahdani, Wulan (2011) Pengembangan media pembelajaran audio/radio mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII Sekolah Menengah Pertama di SMPN 4 Probolinggo / Wulan Rahmahdani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan media pembelajaran Media Audio/Radio Bahasa Indonesia Perubahan dan perkembangan di beberapa bidang dalam kehidupan selalu terjadi dari masa ke masa terutama dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat perlu diimbangi dengan pembaharuan dibidang-bidang lain termasuk dalam bidang Pendidikan. Selain itu Anderson ( dalam Munadi 2008 65) mencoba menghubungkan program audio dengan tujuan pembelajaran kognitif psikomotorik dan afektif. Untuk tujuan kognitif audio dapat digunakan untuk mengajar pengenalan kembali atau pembedaan rangsang audio yang relevan contohnya 1) memperdengarkan suara-suara tanda bahaya tertentu atau alat-alat lain sehingga siswa dapat mengambil tindakan tertentu. 2) mengajarkan pengenalan kembali dialek dan istilah yang berhubungan dengan pekerjaan atau untuk memperdengarkan suara lapangan disertai suara latar belakangnya. 3) memberikan latihan pendengaran untuk belajar mengingat dan mengucapkan kata-kata. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media audio/radio pembelajaran khusus untuk pembelajaran Bahasa Indonesia pokok materi drama kelas VIII di SMPN 4 Probolinggo berupa CD pembelajaran. Metode pengembangan yang diambil oleh penulis adalah metode R D yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat diuji keefektifannya serta dapat dipertanggungjawabkan. Hasil pengembangan diperoleh dari 3 ahli media 2 ahli materi uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa kelompok klasikal berjumlah 15 orang siswa serta uji coba individu berjumlah 3 orang siswa. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan terhadap ahli media diperoleh rata-rata 75% ahli materi rata-rata 73% siswa/audiens perorangan74.4% siswa/audiens kelompok kecil 70% yang dapat diinterpretasikan dalam kriteria valid sedangkan siswa/audiens kelompok klasikal diperoleh rata-rata 83% dapat diinterpretasikan dalam kriteria sangat valid. Hasil belajar siswa individu mendapat peningkatan rata-rata 72.5% kelompok kecil rata-rata 73.5% dan kelompok klasikal diperoleh rata-rata 70%. Untuk mendapatkan penelitian yang lebih akurat disarankan untuk meneliti dan membandingkan beberapa media yang dikenal selama ini sehingga guru dapat memilih media pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar selain itu Waktu yang disediakan harus cukup pemilihan karakter suara harus sesuai dan tepat lebih menguasai program pembuatan media audio/radio persiapan saat pembuatan dan penelitian harus maksimal serta saat pemutaran media harus fokus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/191 |
Actions (login required)
View Item |