Identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam pelaksanaan praktikum fisika kelas II di SMU Negeri Srangat Kabupaten Blitar / oleh Erna Suhesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam pelaksanaan praktikum fisika kelas II di SMU Negeri Srangat Kabupaten Blitar / oleh Erna Suhesti

Suhesti, Erna (2007) Identifikasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam pelaksanaan praktikum fisika kelas II di SMU Negeri Srangat Kabupaten Blitar / oleh Erna Suhesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fisika merupakanb agiand ari Ilmu PengetahuanA lam yangt elah diberikan sejak SD. tata pelajaran fisika salah satunya berfungsi mengembangkan keterampilanp rosess iswa.K eterampilanp rosesd apatd ilaksanakanm elalui metode eksperimenD. emikian juga di SMU Negeri SrengatK abupatenB litar telah dilaksanakanm etodee ksperimen.N amun kenyataannyap adap elaksanaanp raktikum masih dijunpar adanyas aranad an pas aranBy ang kurangd an belum adanyat enagalaboran. Hal ini merupakanf aktor penghambadt isampinga danyaf aktor yang menghambat tentut erdapatp ula faktor yang mendukung y angk eduanyab erpengaruhd alam pelaksanaapnr aktikum fisika khususnyak elasI I di SMU Negeri SrengatK abupaten BIitar. Penelitianin i bertujuanm engidentifikasikafna ktor-faktory angm endukungd an menghambapt elaksanaanp raktikum fisika kelas lI di SMU Negeri Srengar KabupatenB litar baik padap ihak siswa.g uru maupuns ekolah. Penelitianin i dilakukand i SMU NegeriS rengaKt abupatenB litar padab ulan Junis ampaJi uli tahun1 999.J enisp enelitiany angd igunakana dalahp enelitian deskriptif Teknik pengambilans ampelm enggunakans ampelr andom.S ampely ang digunakans ebanyak3 kelas dari 8 kelas yangadayaitu berjumlah 126s iswad an I guru fisika dari tiga guru fisika. Instrumenp engumpuland ata menggunakana ngket. Sedangkante knik analisisd atay ang digunakana dalahp ersentase. tlasil penelitian menunjuk an bahwa terdapat faktor pendukung dan penghambat baik pada pihak siswa guru dan sekolah. Yang merupakan faktor pendukung pelaksanaanp raktikum secarak eselunrlnn adalaha danyap eniapan oleh siswa sebelum praktikum pendapat siswa terhadap pentingnya praktikum pendapat siswa tentangp entingnyap raktikum dalam membantup emahamanm ateri minat siswa terhadapp raktikum pemahamans iswat erhadapp etunjuk praktikum kesempatan berlanyak epadag grq adanyar uang laboratorium t ersedianyaw aktu praktikum adanyab uku petunjuk a danyal embark erja siswa a danyap enjelasante ntangc ara kerja praktikum dari guru jelasnyac arak erja adanyab uku pegangans iswa a danya presensi kewajiban membuat laporan adanya tes akhir adanya diskusi latar belakangp endidikang uru yang sesuai a danyap engetahuanta mbahang uru guru yang tidak mengajar mata pelajaran lain dan tidak mengajar di sekolah lain frekuensi penggunaanla boratoriumf isika yang sangatp adatd an keadaanf isik laboratorium sertiak etersediaanfa silitas yangt elah memadai.S edangkanfa ktor penghambatnya adalaha danyak esulitan siswad alam melaksanakank egiatanp raktikum j umlah alat yangt idak sesuadi enganju mlah siswa t erlalub anyaknyaju mlahj am mengajagr uru dan tidak adanya petugas khusus dalam laboratorium

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item View Item