Pemanfaatan alat-alat sederhana untuk mendukung pembelajaran fisika pada topik momentum dan impuls dengan pendekatan ketrampilan proses siswa kelas I cawu II SMU Negeri 6 Balikpapan / oleh Sri Wahyuningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan alat-alat sederhana untuk mendukung pembelajaran fisika pada topik momentum dan impuls dengan pendekatan ketrampilan proses siswa kelas I cawu II SMU Negeri 6 Balikpapan / oleh Sri Wahyuningsih

Wahyuningsih, Sri (2007) Pemanfaatan alat-alat sederhana untuk mendukung pembelajaran fisika pada topik momentum dan impuls dengan pendekatan ketrampilan proses siswa kelas I cawu II SMU Negeri 6 Balikpapan / oleh Sri Wahyuningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kelengkapans aranad an prasaranas ekolahs angatm enunjangk elancaran prosebs elajarm engajar.D engana danyala boratoriumy ang memadai p emahaman siswate rhadapp elajaranf rsika dapatd itingkatkan.N amun tidak semuas ekolah memilikil aboratoriumy angmemadasi ehinggap erlud ibuata lat-alatp elajarany ang sederhanaH.a l ini mgmerlukank reativitasg uru dalam membuata lat-alats ederhana sehinggpae ngajaranfi sika denganp endekatank etrampilanp rosesd apat dilaksanakanD. enganm etodei ni diharapkans iswam enemukans ecarala ngsung konsep-konseyapn ga dak hususnyap okokb ahasanm omentumd ani mpuls. Penelitiani ni bertujuanu ntuk rnengetahuki eefektifana lat-alats ederhana yangt elahd ibuatd alamm endukungp embelajarafnis ika padat opik momentumd an impuls. Penelitianin i dilaksanakapna dac awuI I tahuna jaran1 999/2000ya itu pada bulan Januari 2000 bertempat di SMU Negeri 6 Balikpapan. Sampel yang digunakan sebanya2k k elasy angb erjurnlah6 2 siswa.P engambilasna mpedl enganc araa cak berkelompokS. ampelp enelitian dibagi dalam dua kelompoky ang masing-masing kelompokd iberi perlakuany angb erbedaS. ebelumd iberi perlakuany angb erbeda terlebihd ahuluk eduak elompok diberi pre-test. Sedangkanh asil belajar fisika siswa dilihatd engante sh asilb elajarf isika setelahs iswad iberip erlakuan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t beda mean. Hasil penelitian menunjukkanb ahwaa lat-alats ederhanab uatans endiri dalam usaham endukung pembelajaranfis ika denganp endekatank etrampilanp rosesc ukup efekifuntuk meningkatkahna silb elajarf isika pokokb ahasanm omentumd ani mpuls padataraf signifikan5 % dand erajatk ebebasa(bd k) 60 yaitu 6 8 248 fuur l 67

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/19005

Actions (login required)

View Item View Item