Peningkatan pemahaman konsep gaya gesek melalui pembelajaran menggunakan diagram gaya benda bebas siswa kelas I SMU Islam" Malang tahun ajaran 1999/2000 / oleh Herman Junaidi" - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep gaya gesek melalui pembelajaran menggunakan diagram gaya benda bebas siswa kelas I SMU Islam" Malang tahun ajaran 1999/2000 / oleh Herman Junaidi"

Junaidi, Herman (2007) Peningkatan pemahaman konsep gaya gesek melalui pembelajaran menggunakan diagram gaya benda bebas siswa kelas I SMU Islam" Malang tahun ajaran 1999/2000 / oleh Herman Junaidi". Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam peng ajarafnis ika salatrs atuh al yangh arusd iperhatikand alam pengajaranF isika adalah bagaimanam enyampaikanm ateri supayas iswa senanga ktif dant ermotivasiu ntuk belajar.B erdasarkano bsemvasdi i SMU..ISLAM lvlalang ditem an bahwa guru dalam mengajartan materi gaya gesek tidak menggunakan diagramg ayab endab ebasd alamm enganalisisg arya-gapy ang bekerjap adab enda. Prosesp embelajaranberlangsusnegc arakonvensionyaal itu lebihbanyaktransfer pengetahuanm elalui guru ke siswa.S iswad alamb elajarF isika cenderungm aghafal nrmus siswa juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal oal gaya gesek untuk meningkatkanp emahamansi swat entang konsepg ayag esek agard apat menang gulang kesulitanb elajars isw4 perlu dikembangkanp embelajarand enganm enggunakan diagram gap benda bebai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskipsikan konsep awal siswa tentang pya geseks ertai ngin mengetahupi eningkatanp emahamanko nsep fisika pokok bahasan gayag esek s etelahs iswam engikutip einbelajarand enganm engunakand iagramg aya benda bebas. Penelitiani ni menggunakanp endekatanp enelitiank ualitatif denganje nis penelitiant indakank elas.S edangftansu mberd ata penelitiana dalahs iswak elasI subjekp enelitianl 0 siswat erdiri dari 2 siswak elompoka tasd engann ilai rata-rata7 sampoi8 dari kelmpok tengah3 siswad engann iali rata-rata6 sampai7 dari kelompokb awah5 siswa deneann ilai rata-rata6 ke bawah.D ata diperoleh ri wawancarac atatanla pangand an hasil pekerjaans iswa Dari hasil observasai wal menu4iukkanb ahwap adau mumnyas isua dalarn mengdakan soal gaya gesck cenderung menghafal rurnus tanpa t rlebih terlebih dulu menggambarkagna ya-gayay angb ekerjap adab enda s ehingg siswam engalami kesulitan dalamm enyelesaikans oalg ayag esek.S etelahd ilakukant indakanI dengan pembelajarand enganm enggunakand iagramg ayab endab ebasd itemukan 1 00% siswa [elompok atast idak lagi mengalamki esulibn dalamm engerjakans oal.U ntuk siswa kelompokt engah6 6 60lom asihk esulitand almr mengerjakns oal d ikarenakans iswa kelompok tengah belum bisa mer uraikn vektor gaya. Untuk siswa kelompok bawah 100%m engalamik esulitand alamm engerjakans oal d ikarenakans iswak elompok bawah tidak bisa mengambadr iagramg ayab endab ebass eatab elumb isa menguraikan vektor gaya. Mempethetikan hasil tindakan I masih perlu di lakukan tindakan II untuk kasus benda yang mehmcur pada bidang miring ditemukan l0(P/o siswa kelompok alas dan siswak elompokt engaht idak lagi mengalamki esulitand alamm engerjakns oal gaya geselcu ntuk siswak elompokb awah4 0 % masihk esulitand alarnm engerjkns oal dikarenakans iswas alahm enuliskang ayab eratd an belum bisam enguraiakavne ktor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

View Item View Item