Efektivitas pengajaran praktikum terintegrasi dengan teori dan praktikum terpisah dengan teori ditinjau dari segi prestasi belajar pada pembelajaran fisika siswa kelas 1 cawu III SMUN I Kepanjen Kabupaten Malang / oleh Kenthut Agus Prastyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pengajaran praktikum terintegrasi dengan teori dan praktikum terpisah dengan teori ditinjau dari segi prestasi belajar pada pembelajaran fisika siswa kelas 1 cawu III SMUN I Kepanjen Kabupaten Malang / oleh Kenthut Agus Prastyo

Prastyo, Kenthut Agus (2007) Efektivitas pengajaran praktikum terintegrasi dengan teori dan praktikum terpisah dengan teori ditinjau dari segi prestasi belajar pada pembelajaran fisika siswa kelas 1 cawu III SMUN I Kepanjen Kabupaten Malang / oleh Kenthut Agus Prastyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam prosesb elajar mengajars edapamt ungkin diciptakans uasanay ang dapamt enjadikans iswa sebagasi ubjekb elajar yang berkembangs ecarad inamisk e arahy angp ositif. Pendekatanla boratoriumd alam prosesb elajarmengajarm emungkinkans iswam enggunakans emuap otensinya( kognitif afektiq psikomotorik) terutamap rosesm entalnyau ntuk menemukans endiri konsepkonsepa taup rinsip prinsipf isika.P enyerapasni swat erhadapm ateril ebih tinggi bila ate.i yangd ibahas dibuatk ongkrit melalui praktikum. pelaksanaanp raktikum itu sendiri dapat dilaksanakanse carak elompok t erintegrasid engant eori ataupunt erpisahd engan teori sesuadi engans ituasid an kondisi perlengkapanp raktikum yang tersedia. Tujuan penelitian ini adalahu ntuk mengetahupi erbedaane rektivitas praktikum terintegrasi dengan teori dan praktikum terpisah dengan teori ditinjau dari segip restasbi elajarp adap embelajarafnis ika siswak ilas t cawu ru SMUN I Kepanej n KabupatenM alang. Metodep enelitiany angd igunakana darahm etodee ksperimend engante knik pengambilans ampelk elas secaraa cakk elas t erpilih 2 kelasd ari 7 kelasy anga aa yaitu kelas I-5 dan I-7 sebanyak 84 siswa. Variabel dalam penelitian ini aialah terdiri dari satuv ariabel bebasd an satuv ariabel terikat. variabel bebasnyaa dalahm etode pengajarand an variabelt erikatnyaa dalahp restasib elajar.D ata yang dipakai dalam penelitian ini adalah selisih data prestasi belajar yang diperoleh dariles prestasi belajar setelah proses belajar mengajar dengan m nggunakan metode yang berbeda pokok bahasans uhud an kalor dengank emampuana wal yang diperolih sJcara dokumentasdia ri gurub idangs tudif isika. Pengujianh ipotesisd ilakukand enganu ji-t satup ihaky aitu pihakk iri. Dengan menggunakatna rafsignifikansi5 % diperolehh argat nt_e -l g3gb yangl ebih besar 9ul j t .- 2 021d engand b N - 2 sehinggad apatd isi mpulkabna -hwa-prestasi belajarf isika kelompoks isway angm elakukanp raktikums ecarate rpisaho engan teorit idak lebihj elek daripadak elompoks isway angm elakukanp rulciku .aru terintegrasdi engante ori

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18975

Actions (login required)

View Item View Item