Peningkatan motivasi belajar, sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas I-5 melalui pendekatan konstruktivis di SMUN I Lawang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Yoyok Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi belajar, sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas I-5 melalui pendekatan konstruktivis di SMUN I Lawang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Yoyok Prasetya

Prasetya, Yoyok (2007) Peningkatan motivasi belajar, sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas I-5 melalui pendekatan konstruktivis di SMUN I Lawang tahun pelajaran 2001/2002 / oleh Yoyok Prasetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pras t ya BY eotyiiaork . 2M2. PeninglmtanM otivasi Belaiar sikap llmish dan Prestasi Fisiko Sis.vcKae lqs l-5 Metatui PendekatanK ontruktivis di StrrtW t tawang Tahun Pelajuran 2001/2002. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing( I ) Parno M .Si. 0D SentotK usairi S Pd M Si Kata Kunci motivasib elajar s ikapi lmiah p restasbi elajar p endekatan konstruktivis Pemilihanp endekatanp embelajarans angatm enentukank ualitas pembelajarand alam prosesb elajarm engajard i kelas.B erdasartanh asil a n a.a dengang uru fisika dan hasil observasdi i kelasI -5 SMUN I Lawang siswa kurang termotivasi dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini ditunjukkan-olehp erilaku siswa selamap rosesb elajarm engajary aitu banyak siswa yang tidak mengetahui materi pelajaran yang akan disampaikan pada pertemuans aati tu siswak urangs iap mengikuti pelajarand an siswac enderung pasif. Sikap ilmiah siswa tergolong masih rendah. Hal ini ditunjukkan pda saat Oistu ri kelompoka dab eberapas isway ang tidak mengikuti diskusi. Siswas aling tunjukj ika guru menyuruhs iswau nhrk melakukand emonstrasdi i depank elas. Pristasj belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yangm emperolehn ilai ulanganu mum cawr I dan II di bawah ruta-raIaT. erdapt LeUirapap enCekatapne mbelajarany ang berorientasip adak eterlibatans iswa secaraa ktifuntuk membangunp engetahuany ang diperolehnya s alahs atunya adalahp endekatank onstruttivis. Pendekatank onstruktivisi ni padad asamya menekankabna hwap engetahuanh arusd ibanguns endiri oleh siswab erdasarkan p en-g etahuayna ng telah dimiliki sebelumnya. Tujuanp enelitiani ni adalahu ntuk meningkatkanm otivasi belajar s ikap ilmiah danp reitasi belajarf isika siswam elalui pernbelajarand enganp endekatan konstruktivis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk tindakan kelasy angd irancangd alam dua siklus kegiatan.M asing-masings iklus terdiri dari ernpait atrapy aitu rencanat indakan p elaksanaantin dakan o bservasid an refleksi fegiatan padas iklus I berupak egiatand emonstrasia danyap engelompokans iswa (siswa memilih sendiri anggota kelompoknya) dalam kegiatan peroobaan melakr arrp embahasasno alt ugasd an melakukant anyaj awab dengans isw4 sertam emberikante s evaluasid iakhir siklus. Kegiatanp adas iklus II berupa kcgiatand emonstrasia danyap engelompokans iswa( sisway ang pandaid igabung dengans isway ang sedangd an yang rendahp restasinyad) alam kegiatan p t oUuuop emUatrasasno att ugat dan tanyaj awab sertam emberikant es evaluasi diakhir siklus.K etudiran peneliti di lokasi penelitiana dalahs ebagagi uru. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwam eningkatnyam otivasi belajar h al ini dihnjukkand engan( l ) siswal ebih aktif dalamm engikutip elajaran( 2 ) siswa mampum enjawabp grtanyaang uru (3) siswad atangt epat waltu (4) mayoritas siswat elah mangerjakantu gps ( 5) persentasem otivasi untuk belajar fisika cukup tinggi yaitu 70 37o /o Meningkatnyas ikap ilmiah siswa h al ini ditunjukkan dengan( l ) suasanak elast idak gaduh ( 2) siswab erebutu ntuk memperagakan demonstras(i3 ) siswat idak salingm encontohp adaw aktut ese valuasi( 4 ) berani mengungkapkapne ndapatp adas aatd iskusi (5) persentases ikap ilmiah sangat tinggiy aitu 94 11o/oP restasbi elajars iswam eningkath al ini ditunjukkan denganm eningkatnyan ilai rata-ratat es evaluasi.N ilai rata-ratat es evaluasiI adalah4 5 1d ant ese valuasIiI adalah6 2 3.D engand emikian h asily ang diperoleh sudah sesuai dengan hipotesis tindakan yang diajukan yaitu benar bahwap endekatank onstruktivisd apatm eningkatkanm otivasi belajar s ikap ilmiahd anp restasbi elajarf isika sisw

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item