Pengembangan bahan ajar berbasis model POE (Predict, Observe, Explain) dengan virtual laboratory atau real laboratory pada materi gerak harmonis sederhana fisika SMA/MA / Badi'atus Sholihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis model POE (Predict, Observe, Explain) dengan virtual laboratory atau real laboratory pada materi gerak harmonis sederhana fisika SMA/MA / Badi'atus Sholihah

Sholihah, Badi'atus (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis model POE (Predict, Observe, Explain) dengan virtual laboratory atau real laboratory pada materi gerak harmonis sederhana fisika SMA/MA / Badi'atus Sholihah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Sholihah Badi atus. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model POE Berbantuan Virtual Laboratory dan atau Real Laboratory pada Materi Gerak Hamonis Sederhana Fisika SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sulur S.Pd M.Si M.T.D (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci model POE virtual laboratory dan atau real laboratory bahan ajar fisika gerak harmonis sederhana Sesuai dengan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 yang menyatakan bahwa guru pada satuan pendidikan jenjang SMA dituntut untuk dapat memiliki kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Hasil observasi yang dilakukan di kota Malang bahan ajar yang dipergunakan oleh siswa masih merupakan bahan ajar konvensional. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis POE berbantuan virtual laboratory dan atau real laboratory pada materi gerak harmonis sederhana fisika SMA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan penelitian yang dimodifikasi dari penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari lima tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk (4) uji coba lapangan awal dan (5) revisi hasil uji coba. Instrument yang digunakan berupa angket kelayakan konten konstruk bahasa dan kesesuaian bahan ajar dengan model POE. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata dari angket sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan kritik yang diberikan oleh dosen dan guru. Analisis data kuanttatif menggunakan teknik analisis rata-rata sedangkan analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis persentase. Hasil validasi konten konstruk bahasa serta kesesuaian dengan model diperoleh kriteria layak begitu juga dengan kelayakan RPP dan kemudahan penggunaan bahan ajar diperoleh kriteria layak. Selain itu uji keterbacaan terhadap siswa didapatkan skor 97 9% yang artinya bahan ajar memiliki tingkat keterbacaan yang baik. Oleh karena itu bahan ajar berbasis POE berbantuan virtual laboratory dan atau real laboratory pada materi gerak harmonis sederhana yang dinyatakan valid dan layak digunakan untuk mendukung pembelajaran fisika di SMA. Meskipun begitu bahan ajar ini disarankan untuk peneliti lain melakukan uji kelayakan empiris dan penilaian untuk mengetahui tingkat efektifitas dari bahan ajar ini. Selain itu bahan ajar berbasis model POE berbantual virtual laboratory dan atau real laboratory juga dapat dikembangkan untuk materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18919

Actions (login required)

View Item View Item