Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk membantu belajar mandiri pada penerapan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum di SMA / Nur'aini Chumairo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk membantu belajar mandiri pada penerapan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum di SMA / Nur'aini Chumairo

Chumairo, Nur'aini (2018) Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk membantu belajar mandiri pada penerapan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum di SMA / Nur'aini Chumairo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Chumairo Nur Aini. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Membantu Belajar Mandiri Pada Penerapan Konsep Momentum Impuls serta Hukum Kekekalan Momentum di SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edi Supriana M.Si (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Interaktif Belajar Mandiri Materi Momentum Impuls dan Hukum Kekekalan Momentum Penggunaan media pembelajaran adalah salah satu penunjang proses pembelajaran pada satuan pendidikan sesuai dengan PP no. 32 Tahun 2013 ayat 1 yaitu proses pembelajaran diselenggarakan interaktif inspiratif menyenangkan menantang memotivasi siswa unuk perpatisipasi aktif. Banyak sekali jenis media salah satunya ialah media pembelajaran interaktif. Menurut Sells Glasgow media pembelajaran interaktif merupakan sistem penyampaian pembelajaran yang menyajikan materi dengan pengendalian komputer kepada siswa yang tidak hanya mendengar melihat saja tetapi siswa juga dapat memberi respon aktif. Media pembelajaran interaktif dapat membantu siswa untuk belajar mandiri. Selain itu kemandirian merupakan salah satu bagian dari 18 nilai pendidikan karakter. Materi momentum impuls dan hukum kekekalan momentum bersifat kontekstual dimana banyak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menyajikan contoh penerapan dalam media pembelajaran akan membantu siswa memahami materi secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif untuk membantu belajar mandiri pada penerapan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum di SMA (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif untuk membantu belajar mandiri pada penerapan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum di SMA (3) mengetahui kepraktisan dari media pembelajaran interaktif untuk membantu belajar mandiri pada penerapan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum di SMA (4) mengetahui kemandirian belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif pada penerapan konsep momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum di SMA. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi langkah-langkah pengembangan dari Borg Gall dengan pembatasan dan disederhanakan menjadi empat langkah yaitu (1) Pengumpulan Data (2) Perencanaan (3) Pengembangan Produk (4) Validasi dan Uji Coba. Produk berupa media pembelajaran interaktif vii berbasis flash dikembangkan dengan swishmax. Validasi produk menggunakan angket dengan skala penilaian 1-4 dengan satu validator ahli dan satu validator guru. Produk yang telah direvisi diuji cobakan kepada 10 siswa IPA SMA. Data diperoleh dengan angket respon siswa (untuk data uji kepraktisan media) dan angket kemandirian belajar (data uji kemandirian belajar siswa dengan media yang dikembangkan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk akhir berupa media pembelajaran interaktif pada materi momentum impuls serta hukum kekekalan momentum berbentuk flash yang dikemas dalam Compact Disk yang dilengkapi dengan Installer flash player beserta toturial (2) Persentase kelayakan media pembelajaran dari aspek media sebesar 87 25% dan dari aspek materi persentase kelayakan sebesar 87 50%. Keduanya dalam kategori valid atau layak (3) Persentase kepraktisan media pembelajaran sebesar 100% dalam kategori praktis atau media mudah digunakan (4) Persentase hasil uji kemandirian belajar siswa menggunakan media pembelajaran ini sebesar 96% dalam kategori baik artinya media pembelajaran ini dapat membantu siswa belajar fisika secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18901

Actions (login required)

View Item View Item