Pengaruh pembelajaran STEM disertai penilaian formatif terhadap penguasaan konsep perubahan momentum dan impuls siswa SMAN 1 Blitar / Tismen Yoga Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran STEM disertai penilaian formatif terhadap penguasaan konsep perubahan momentum dan impuls siswa SMAN 1 Blitar / Tismen Yoga Pradana

Pradana, Tismen Yoga (2018) Pengaruh pembelajaran STEM disertai penilaian formatif terhadap penguasaan konsep perubahan momentum dan impuls siswa SMAN 1 Blitar / Tismen Yoga Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Pradana Tismen Yoga. 2018. Pengaruh Pembelajaran STEM disertai Penilaian Formatif terhadap Penguasaan Konsep Perubahan Momentum dan Impuls Siswa SMAN 1 Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Pembimbing (1) Sujito S.Pd M.Si. (2) Sentot Kusairi Dr. S.Pd. M.Si. Kata Kunci Pembelajaran STEM (Science Technology Engineering and Matematics) Penilaian Formatif Penguasaan Konsep Momentum dan Impuls. Penguasaan konsep merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai oleh peserta didik untuk besaing di era abad 21. Akan tetapi penguasaan konsep fisika peserta didik Indonesia masih rendah. Salah satu materi yang perlu diperbaiki kemampuan konsepnya adalah perubahan momentum dan impuls. Penerapan berbagai model pembelajaran telah dilakukan untuk memperbaiki kemampuan penguasaan konsep. Inti model pembelajaran yang dimaksud adalah pemberian permasalahan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan di dalam proses pembelajaran. Pembelajaran STEM memiliki inti model tersebut tetapi masih memiliki kelemahan berupa struktur kurikulum dan tingkat keterampilan dan/atau persiapan guru. Untuk memperbaiki kelemahan tersebut diperlukan tanggapan dan masukan secara langsung melalui penilaian formatif. Penilaian formatif juga dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap fisika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk melihat apakah penguasaan konsep momentum dan impuls peserta didik yang menggunakan pembelajaran STEM dengan asesmen formatif lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Blitar. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Penguasaan konsep peserta didik diukur menggunakan instrumen yang berupa tes pilihan ganda beralasan. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya dilakukan uji kesamaan keadaan awal dan uji hipotesis menggunakan t-test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen 73 39 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 58 20. Hasil uji Mann Whitney U penguasaan konsep didapat -Zhitung Ztabel Zhitung yakni -2 976478163 1 96 2 976478163 menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan konsep peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran STEM disertai penilaian formatif lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Saran untuk selanjutnya adalah perlu dilakukan penelitian sejenis tetapi pada materi yang lain serta juga dilakukan penelitian dengan variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif peserta didik pendidik perlu menjelaskan pemfokusan dari setiap solusi ke dalam unsur STEM agar tidak salah dalam penempatan solusi dan pendidik perlu memanajemen kelas agar kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18892

Actions (login required)

View Item View Item