Ni'mah, Binti Qurrotu A'yunin (2018) Pengaruh model problem based learning dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika sisa pokok bahasan alat optik / Binti Qurrotu A'yunin Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Ni mah Binti Qurrotu A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan STEM (Science Technology Engineering And Mathematic) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah FisikaSiswa Kelas XI MAN 2 TULUNGAGUNG pada Pokok Bahasan Alat Optik . Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata Kunci PBL STEM kemampuan pemecahan masalah alat optik Pada pembelajaran materi alat optik dalam kelas cenderung menekankan pada penguasaan konsep dan mengesampingkan kemampuan pemecahan masalah. Guru lebih menitikberatkan pada pemberian materi tanpa ada praktikum sama sekali dan siswa akan langsung menggunakan rumus jika masalah dianggap mudah. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang memberikan pembelajaran yang bermakna dapat melatih kemampuan siswa untuk melakukan pemecahan masalah melalui sebuah proyek yang terintegrasi dengan satu atau beberapa bidang keilmuan lain. Dari permasalahan tersebut dipilih model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MIA MA Negeri 2 Tulungagung pada materi alat optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA MA Negeri 2 Tulungagung berjumlah 184 siswa. Teknik pengambilan sampelnya mengguakan purposive sampling. Kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran PBL. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diberi pretest. Di akhir materi kedua kelas diberi posttest. Butir soal diujicobakan kepada 180 responden sebelum dijadikan soal pretest dan posttest. Berdasarkan analisis validitas butir soal dari 25 soal yang diujicobakan 3 soal dinyatakan tidak valid dan 22 soal dinyatakan valid. Berdasarkan hasil analisis reliabilitas 11 soal butir soal yang valid diperoleh r11 sebesar 0 99. Maka dapat disimpulkan bahwa reliabilitas 11 soal yang valid adalah sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajran PBL. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MA Negeri 2 Tulungagung pada materi alat optik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |