Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbantuan swishmax dengan pendekatan kontekstual dalam menganalisis konsep Usaha dan Energi kelas X SMA / Aidatul Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbantuan swishmax dengan pendekatan kontekstual dalam menganalisis konsep Usaha dan Energi kelas X SMA / Aidatul Fitriyah

Fitriyah, Aidatul (2018) Pengembangan multimedia pembelajaran fisika berbantuan swishmax dengan pendekatan kontekstual dalam menganalisis konsep Usaha dan Energi kelas X SMA / Aidatul Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Fitriyah Aidatul. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbantuan Swishmax dengan Pendekatan Kontekstual dalam Menganalisis Konsep Usaha dan Energi Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto M.Pd. (II) Dr. Edi Supriana M.Si. Kata Kunci swishmax pendekatan kontekstual multimedia Media merupakan salah satu pedukung dalam proses pembelajaran yang terus mengalami perkembangan terutama dengan menggunakan kemajuan teknologi yang ada. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh bahwa siswa masih belum optimal dalam menerima materi. Guru masih jarang memanfaatkan media dalam pembelajaran. Hal itulah yang menjadikan siswa kurang bersemangat untuk belajar dan tujuan pembelajaran belum terwujud sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian lain menunujukkan bahwa pemanfaatan media dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan multimedia pembelajaran fisika berbantuan swishmax dengan pendekatan kontekstual dalam menganalisis konsep usaha dan energi yang diuji kevalidan dan kepraktisannya. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi hanya 5 langkah dari 10 langkah yaitu studi pendahuluan perencanaan pengembangan produk uji coba lapangan awal dan revisi produk. Kelayakan produk diukur dengan uji validitas oleh validator dan uji kepraktisan oleh pengguna menggunakan lembar angket. Hasil penelitian pengembangan diperoleh dua simpulan sebagai berikut. (1) Multimedia berhasil dikembangkan menggunakan aplikasi swishmax (2) Mulitmedia dikatakan layak dari hasil uji validitas dan uji kepraktisan. Hasil analisis data uji kevalidan diperoleh bahwa multimedia dinyatakan valid dari segi materi dengan skor rata-rata 3 33 dan dari segi media 3 67 dengan masing-masing skor maksimal kevalidan adalah 4. Hasil analisis data uji kepraktisan multimedia dinyatakan praktis dengan persentase 92 8% oleh siswa. Multimedia ini telah layak untuk digunakan tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap uji kevalidan dan kepraktisan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji efektifitas multimedia ini lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18860

Actions (login required)

View Item View Item