Nurcahyo, Hendro Tri (2018) Pengembangan media pembelajaran fisika berbantuan multimedia interaktif menggunakan software swishmax sebagai penunjang keterampilan proses sains siswa SMA pada materi fluida statis / Hendro Tri Nurcahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vii ABSTRAK Nurcahyo Hendro Tri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Multimedia Interaktif menggunakan Software Swishmax sebagai Penunjang Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Skripsi Program studi pendidikan fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Winarto M.Pd (II) Dr. Edi Supriana M.Si. Kata Kunci multimedia interaktif swishmax keterampilan proses sains Pembelajaran yang berkualitas memerlukan suatu perangkat pembelajaran yang mampu membantu siswa memahami dan menguasai materi dengan baik. Media merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Gabungan dari beberapa media (audio video animasi gambar dan teks) disebut dengan multimedia. Apabila dalam suatu aplikasi multimedia pengguna diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada maka multimedia itu disebut multimedia interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif yang mempunyai ciri khas yaitu terdapat langkah-langkah yang mencirikan keterampilan proses sains animasi video audio gambar contoh soal soal-soal evaluasi beserta pembahasannya serta dilengkapi pustaka sebagai reverensi sumber belajar untuk siswa dan terdapat buku petunjuk penggunaan multimedia interaktif. Multimedia ini bersifat stand alone dan hasil akhirnya berupa file .swf yang dikemas dengan CD interaktif. Oleh karena itu penelitian dilakukan untuk menghasilkan multimedia interaktif menggunakan software swishmax sebagai penunjang keterampilan proses sains siswa SMA pada materi fluida statis dan mendeskripsikan kelayakannya pada tahap uji coba terbatas. Penelitian ini menggunakan penelitian Borg and Gall dengan mengadaptasi 3 langkah utama yang telah disesuaikan yaitu 1) studi pendahuluan 1) pengembangan produk 3) uji coba produk. Kelayakan tersebut diukur dengan menggunakan uji validitas ahli media dan materi yang terdiri dari 1 dosen fisika dan 1 guru mata pelajaran fisika serta uji coba terbatas oleh pengguna media (25 siswa SMAN 1 Karas). Data penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator dan calon pengguna (siswa). Data kuantitatif dari validator dianalisis menggunakan teknik rata-rata sedangkan data kuantitatif dari siswa dianalisis menggunakan teknik presentase. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket validasi media pembelajaran dan angket uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif mendapat nilai validitas media sebesar 3 77 dan nilai validitas materi sebesar 3 57. Multimedia interaktif yang dikembangkan mendapat presentase nilai kepraktisan dari siswa sebesar 98 50%. Kesimpulan dari penelitian pengembangan multimedia interaktif yang telah dikembangkan dan direvisi memiliki kriteria yang valid sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |