Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis STEM terhadap peningkatan literasi sains kompetensi dan pemahaman materi Usaha dan Energi peserta didik kelas X / Ariefatul Hafidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis STEM terhadap peningkatan literasi sains kompetensi dan pemahaman materi Usaha dan Energi peserta didik kelas X / Ariefatul Hafidah

Hafidah, Ariefatul (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis STEM terhadap peningkatan literasi sains kompetensi dan pemahaman materi Usaha dan Energi peserta didik kelas X / Ariefatul Hafidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii RINGKASAN Hafidah Ariefatul. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis STEM Terhadap Peningkatan Literasi Sains Kompetensi dan Pemahaman Materi Usaha dan Energi Peserta Didik Kelas X. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wartono M.Pd. (2) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci Model Pembelajaran Inkuiri berbasis STEM Literasi Sains Kompetensi Pemahaman Materi Pembelajaran model inkuiri adalah model pembelajaran yang mempersiapkan peserta didik untuk melakukan eksperimen mengumpulkan dan menganalisis data hasil eksperimen sehingga sampai pada suatu kesimpulan. STEM merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran tematik integratif karena menggabungkan empat bidang pokok dalam pendidikan yaitu ilmu pengetahuan teknologi matematika dan engineering. Model pembelajaran inkuiri berbasis STEM merupakan model pembelajaran yang menerapkan pembelajaran penyelidikan dan pembelajaran tematik integratif karena menggabungkan empat bidang pokok dalam pendidikan yaitu ilmu pengetahuan teknologi matematika dan engineering. Fokus yang dipentingkan dalam pendidikan sains adalah literasi sains. Literasi sains kompetensi memiliki tiga aspek dalam penelitian literasi sains yakni menjelaskan fenomena secara ilmiah mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dan menafsirkan data dan bukti ilmiah. Tujuan pembelajaran fisika adalah memahami konsep fisika. Pemahaman materi adalah kemampuan peserta didik dalam menyerap materi yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri berbasis STEM terhadap peningkatan literasi sains kompetensi dan pemahaman materi usaha dan energi peserta didik kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Brawijaya Smart School tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 40 peserta didik. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas X yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri berbasis STEM dan kelas X1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Penentuan kelas dilakukan secara cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa silabus RPP dan LKS serta instrumen pengukuran berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran soal tes literasi sains kompetensi dan soal tes pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada data literasi sains kompetensi diperoleh nilai rata-rata pretest posttest dan nilai peningkatan literasi sains kompetensi peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data pemahaman materi diperoleh nilai rata-rata pretest posttest dan nilai peningkatan pemahaman materi peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test diperoleh hasil uji perbandingan peningkatan literasi sains kompetensi yaitu thitung (0.29) ttabel (1.68) dan hasil uji perbandingan peningkatan pemahaman materi yaitu thitung (3.085) ttabel (1.68). Kesimpulan dari hasil penelitian literasi sains kompetensi dan pemahaman materi menunjukkan bahwa (1) Peningkatan literasi sains kompetensi peserta didik yang belajar dengan pembelajaran inkuiri berbasis STEM tidak berbeda dibandingkan dengan peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. (2) Peningkatan pemahaman materi peserta didik dengan pembelajaran inkuiri berbasis STEM lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18845

Actions (login required)

View Item View Item