Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada sub materi Suhu / Ulfatien Mufarriha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada sub materi Suhu / Ulfatien Mufarriha

Mufarriha, Ulfatien (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) pada sub materi Suhu / Ulfatien Mufarriha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Mufarriha Ulfatien. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada Sub Materi Suhu. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi S.Pd. M.Si. (II) Sujito S.Pd. M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran STEM ADDIE Lesson Study Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada sub materi suhu mengukur kelayakan perangkat pembelajaran STEM pada sub materi suhu serta mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran STEM melalui Lesson Study. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Tahap analisis dilakukan dengan wawancara guru dan analisis kebutuhan siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan di validasi oleh ahli yakni dua orang dosen dan satu orang guru. Aspek yang dinilai dalam validasi akan dianalisis menggunakan analisis rata-rata untuk menentukan kevalidan produk. Komentar dan saran dari validator digunakan untuk merevisi produk perangkat pembelajaran sebelum dilakukan tahap Implementasi. Tahap implementasi dilakukan melalui Lesson Study sebanyak tiga kali pada kelas XIG3 XI-B3 dan XI-E3 di SMA Negeri 9 Malang. Hasil refleksi Lesson Study digunakan untuk merevisi produk perangkat pembelajaran. Rata-rata hasil validasi RPP yaitu 3 51 dan rata-rata hasil validasi LKS yaitu 3 47. Berdasarkan kriteria rata-rata skor yang didapatkan menunjukan bahwa kelayakan butir instrumen baik dan tidak perlu revisi. Akan tetapi revisi produk didasarkan pada saran dan komentar validator bagian yang perlu direvisi pada LKS yaitu indikator dan langkah pembelajaran. Sedangkan pada LKS yang perlu direvisi yaitu indikator dan gambar rangkaian. Implementasi produk melalui Lesson Study pada lesson study I proses pembelajaran belum mencapai seluruh kegiatan karena siswa kesulitan dalam praktikum sehingga perlu adanya perbaikan pada langkah pembelajaran pada RPP dan perbaikan gambar rangkaian pada LKS. Pada lesson study II dengan menerapkan perangkat yang telah direvisi pembelajaran berlangsung kondusif dan semua langkah pembelajaran pada RPP terlaksana.Pada lesson study III semua langkah pembelajaran terlaksana. Dari hasil implementasi menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa pada pelajaran fisika sehingga dapat meningkatkan kompetensi Abad 21 terutama kemampuan kerjasama dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18827

Actions (login required)

View Item View Item