Pengaruh model pembelajaran inkuiri training terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa MA kelas XI MIPA pada materi Suhu dan Kalor / Vinda Nur Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inkuiri training terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa MA kelas XI MIPA pada materi Suhu dan Kalor / Vinda Nur Fitriana

Fitriana, Vinda Nur (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri training terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa MA kelas XI MIPA pada materi Suhu dan Kalor / Vinda Nur Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nur Fitriana Vinda. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Training Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Kelas XI MIPA Pada Materi Suhu Dan Kalor . Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci inkuiri training penguasaan konsep keterampilan proses sains. Pembelajaran fisika membantu siswa dalam memperoleh kemampuan menggunakan pengetahuan dasar untuk memecahkan masalah. Upaya siswa dalam mempelajari fisika mengalami hambatan. Hambatan yang terjadi adalah siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari suhu dan kalor. Pembelajaran yang mampu mengatasi permasalahan ini adalah pembelajaran inkuiri training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri training dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Jumlah responden 67 siswa dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan pembelajaran inkuri training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penguasaan konsep dan keterampilan proses sains diukur dengan instrumen penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri training lebih tinggi dibanding siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Bagi guru yang ingin melakukan pembelajaran inkuri training hendaknya dilaksanakan pada pokok bahasan yang terdapat kegiatan eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18825

Actions (login required)

View Item View Item