Upaya meningkatkan prestasi belajar fisika melalui model Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan usaha dan energi kelas X MIA 2 SMAN 1 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017 / Ellora Mutia Rohaeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan prestasi belajar fisika melalui model Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan usaha dan energi kelas X MIA 2 SMAN 1 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017 / Ellora Mutia Rohaeni

Rohaeni, Ellora Mutia (2017) Upaya meningkatkan prestasi belajar fisika melalui model Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan usaha dan energi kelas X MIA 2 SMAN 1 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017 / Ellora Mutia Rohaeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohaeni Ellora Mutia. 2017. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi Kelas X MIA 2 SMAN 1 Gondanglegi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Agus Suyudi Drs. M.Pd (II) Parno Dr. M.Si. Kata Kunci Keterlaksanaan Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Prestasi Belajar Siswa. Berdasarkan hasil survey pembelajaran di SMAN 1 Gondanglegi masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak bebas dalam mengkontruksi dan mengembangkan pengetahuanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Usaha dan Energi melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan evaluasi serta refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 Gondanglegi tahun pelajaran 2016/2017 yang dikhususkan pada materi Usaha dan Energi dengan 26 siswa. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa nilai LKS nilai tes formatif tiap pertemuan serta nilai tes tiap akhir siklus. Teknik analisis data tes menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa SMAN 1 Gondanglegi. Keterlaksanaan model PBL oleh guru dan siswa memperoleh hasil yang sama yaitu 73.68% pada siklus I dan 96.2% pada siklus II. Prestasi belajar siswa kelas X MIA 2 SMAN 1 Gondanglegi mengalami peningkatan selama diterapkannya model PBL. Rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata kelas dari siklus I 73.9 menjadi 80.01 di siklus II. Untuk siswa yang di bawah KKM semakin lama semakin berkurang. Untuk ketuntasan belajar siswa kelas X MIA 2 sebesar 57.7% pada siklus I dan siklus II sebesar 88.5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18811

Actions (login required)

View Item View Item