Model hubungan pengetahuan awal, motivasi belajar, dan kreativitas siswa dengan kemampuan pemecahan masalah fisika SMA dalam pembelajaran berbasis inquiry / Putri Utamining Lailatul Andhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Model hubungan pengetahuan awal, motivasi belajar, dan kreativitas siswa dengan kemampuan pemecahan masalah fisika SMA dalam pembelajaran berbasis inquiry / Putri Utamining Lailatul Andhani

Andhani, Putri Utamining Lailatul (2017) Model hubungan pengetahuan awal, motivasi belajar, dan kreativitas siswa dengan kemampuan pemecahan masalah fisika SMA dalam pembelajaran berbasis inquiry / Putri Utamining Lailatul Andhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andhani Putri Utamining Lailatul. 2017. Model Hubungan Pengetahuan Awal Motivasi Belajar dan Kreativitas Siswa dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika SMA dalam Pembelajaran Berbasis Inquiry. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.Pd M.A (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci pengetahuan awal motivasi belajar kreativitas siswa kemampuan pemecahan masalah Kemampuan pemecahan masalah fisika menjadi salah satu tuntutan dalam pelajaran fisika menurut Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menghendaki proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu dengan menggunakan model pembelajaran berbasis inquiry. Pembelajaran inquiry dapat berpengaruh pada kemampuan pemecahan masalah karena dalam pembelajaran inquiry siswa diibaratkan sebagai seorang ilmuwan yang sedang memecahkan suatu permasalahan. Kemampuan pemecahan masalah tidak hanya dipengaruhi oleh model pembelajaran tetapi juga faktor yang berasal dari diri siswa. Faktor yang ada dalam diri siswa itu meliputi pengetahuan awal bakat minat motivasi kreativitas kepercayaan diri dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan secara langsung pengetahuan awal dengan kemampuan pemecahan masalah (2) hubungan secara langsung motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah (3) hubungan tidak langsung pengetahuan awal dengan kemampuan pemecahan masalah melalui kreativitas siswa (4) hubungan tidak langsung motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah melalui kreativitas siswa (5) hubungan secara langsung kreativitas siswa dengan kemampuan pemecahan masalah (6) hubungan secara simultan pengetahuan awal motivasi belajar dan kreativitas siswa dengan kemampuan pemecahan masalah (7) hubungan secara langsung pengetahuan awal dengan kreativitas siswa (8) hubungan secara langsung motivasi belajar dengan kreativitas siswa dan (9) hubungan secara simultan pengetahuan awal dan motivasi belajar dengan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Suboh Kabupaten Situbondo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 3 SMAN 1 Suboh Kabupaten Situbondo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Instrumen angket digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa sedangkan instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data pengetahuan awal kreativitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah. Pengetahuan awal menggunakan soal tes pilihan ganda sedangkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan soal tes uraian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan SPSS 16.00 for Windows dan analisis jalur (path analysis) dengan Lisrel 8.80 (Student Edition). Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan pengetahuan awal dengan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien sebesar 0 226 (2) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien sebesar -0 049 (3) tidak terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan pengetahuan awal dengan kemampuan pemecahan masalah melalui kreativitas siswa dengan nilai koefisien sebesar -0 040 (4) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah melalui kreativitas siswa dengan nilai koefisien sebesar 0 087 (5) terdapat hubungan langsung yang signifikan kreativitas siswa dengan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai koefisien sebesar 0 279 (6) terdapat hubungan yang signifikan pengetahuan awal motivasi belajar dan kreativitas siswa secara simultan dengan kemampuan pemecahan masalah fisika dengan nilai koefisien sebesar 0 107 (7) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan pengetahuan awal dengan kreativitas siswa dengan nilai koefisien sebesar -0 145 (8) terdapat hubungan langsung yang signifikan motivasi belajar dengan kreativitas siswa dengan nilai koefisien sebesar 0 311 dan (9) terdapat hubungan yang signifikan pengetahuan awal dan motivasi belajar secara simultan dengan kreativitas siswa dengan nilai koefisien sebesar 0 105.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18802

Actions (login required)

View Item View Item