Wati, Elina Danau (2017) Pengaruh asesmen formatif berbasis web terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI materi persamaan keadaan gas / Elina Danau Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wati Elina D. 2017. Pengaruh Asesmen Formatif Berbasis Web terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI Materi Persamaan Keadaan Gas. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sujito S.Pd. M.Si (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si Kata Kunci Asesmen Formatif Feedback prestasi belajar Fisika Asesmen formatif merupakan proses penilaian di kelas yang melibatkan siswa dan guru secara langsung. Asesmen Formatif bertujuan untuk mendapatkan umpan balik atau feedback yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan belajar siswa. Pemanfaatan teknologi untuk dunia pendidikan merupakan hal yang harus dilakukan. Pemanfaatan teknologi yang dikombinasikan dengan assesmen formatif akan membangkitkan rasa ingin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar fisika siswa kelas XI yang menggunakan asesmen formatif berbasis web lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan asesmen formatif secara konvensional. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Pelaksanaan penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Kemampuan awal siswa diperoleh dari nilai ulangan harian materi sebelumnya yaitu materi fluida dinamis. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gondanglegi kemudian diambil sampel penelitian berdasarkan purposive sampling. Kelas yang dipilih yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji-t melalui uji prasyarat analisis terlebih dahulu yaitu uji normalitas uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas kelas eksperimen L0 0.112 Ltabel 0.173 Ltabel dan kelas kontrol L0 0.155 Ltabel 0.173 menunjukkan bahwa data terdistribusi normal uji homogenitas memperoleh Fhitung1.403 Ftabel(47 0.05) 2.005 menghasilkan data yang homogen dan uji kesamaan rata-rata kemampuan awal siswa menunjukkan bahwa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 memiliki kemampuan awal yang sama. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t satu pihak menunjukkan thitung 2.605 ttabel 2.012. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika siswa kelas XI yang menggunakan asesmen formatif berbasis web lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan asesmen formatif konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |