Mustikaningrum, Ratna Ayu (2011) Efektivitas sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VII di SMP Laboratorium UM / Ratna Ayu Mustikaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci efektivitas sosiodrama keterampilan sosial. Keterampilan sosial adalah kemampuan berinteraksi dengan orang lain yang berguna untuk mengembangkan hubungan sosial berkaitan dengan penerimaan masyarakat yang meliputi aspek emosi dan aspek sosial. Keterampilan sosial diperlukan dalam rangka melakukan interaksi sosial khususnya dalam mengadakan penyesuaian dengan orang lain. Salah satu teknik bimbingan yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan sosial bagi siswa SMP yaitu melalui teknik sosiodrama. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa SMP Laboratorium UM diketahui bahwa siswa memiliki keterampilan sosial rendah/sedang hal ini terbukti dengan adanya beberapa gejala yang peneliti temukan antara lain suka menyendiri tidak disenangi teman-temannya membentuk klik (kelompok kecil) individualis dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas VII di SMP Laboratorium UM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan two group pretest posttest design dimana alat ukur yang digunakan sebelum dan setelah perlakuan adalah sama. Penelitian jenis ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dan melihat ada tidaknya perbedaan sebelum dan setelah pemberian perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII B yang memiliki keterampilan sosial rendah dan sedang. Instrumen penelitian berupa inventori keterampilan sosial yang dilengkapi dengan validitas dan reliabilitas instrument dengan hasil validitas 19 item tidak valid dan memiliki reliabilitas skala yang tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test sampel bebas Hasil penghitungan didapatkan nilai thitung sebesar 2 474 dengan signifikansi 0 016. Dari hasil analisis nilai thitung mempunyai signifikansi 0 016 kurang dari 0 05 (sig 0 05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan keterampilan sosial antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi konselor untuk menggunakan teknik sosiodrama sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1878 |
Actions (login required)
View Item |