Pengembangan paket pelatihan keterampilan asertif bagi siswa SMK Negeri 1 Malang / Winda Hayu Diah Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pelatihan keterampilan asertif bagi siswa SMK Negeri 1 Malang / Winda Hayu Diah Nisa

Nisa, Winda Hayu Diah (2011) Pengembangan paket pelatihan keterampilan asertif bagi siswa SMK Negeri 1 Malang / Winda Hayu Diah Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Paket Pelatihan Asertivitas Siswa SMK Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Manusia membina hubungan dengan manusia yang lain dalam sebuah lingkungan baik itu lingkungan keluarga lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Sekolah merupakan lingkungan yang sengaja diciptakan untuk membina anak-anak ke arah tujuan tertentu khususnya untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan sebagai bekal hidupnya di kemudian hari. Salah satu keterampilan dan kemampuan yang diperlukan yaitu asertivitas. Galassi dan Galassi (1977 3) menyatakan bahwa perilaku asertif adalah pengungkapan secara langsung kebutuhan keinginan dan pendapat seseorang tanpa menghukum mengancam atau menjatuhkan orang lain. Untuk dapat meningkatkan perilaku asertif individu diperlukan media yang tepat dan menarik. Media yang dimaksud adalah paket pelatihan asertivitas. Tujuan umum peneliti adalah menghasilkan paket pelatihan asertivitas bagi siswa SMK Negeri 1 Malang sehingga dapat membantu konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling mengenai asertivitas secara efektif. Tujuan khusus dalam penelitian ini yaitu menghasilkan paket pelatihan asertivitas yang memiliki ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan sehingga dapat meningkatkan asertivitas siswa SMK secara optimal. Desain penelitian dan pengembangan diadaptasi dari strategi pengembangan Borg and Gall dengan tahap-tahap (1) melakukan penilaian kebutuhan (need assessment) untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa instrumen yang digunakan adalah angket kebutuhan siswa terhadap pelatihan asertivitas dan pedoman wawancara untuk konselor. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TKJ 1 dengan jumlah 33 orang siswa. (2) analisis data dan penetapan prioritas kebutuhan. Teknik analisis menggunakan presentase. Penetapan prioritas kebutuhan dengan cara mengelompokkan peringkat dari yang tertinggi. (3) merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus paket pelatihan asertivitas. (4) menyusun prototipe produk pengembangan yang terdiri atas panduan penggunaan paket pelatihan asertivitas untuk konselor dan paket pelatihan asertivitas untuk siswa SMK. (5) penilaian produk oleh uji ahli. Uji ahli dilakukan oleh seorang ahli BK ahli media dan ahli bahasa. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian. (6) revisi produk dari uji ahli. (7) penilaian produk oleh calon pengguna yang terdiri dari dua orang konselor. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian uji calon pengguna produk. (8) penilaian produk oleh kelompok kecil yang dilakukan oleh 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian uji kelompok kecil. (9) revisi produk dari calon pengguna produk dan kelompok kecil (10) produk akhir berupa paket pelatihan asertivitas bagi siswa SMK. Dari hasil pengembangan paket pelatihan asertivitas ini telah memiliki standar ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan yang baik sehingga dapat digunakan oleh konselor dan siswa dalam melaksanakan pelatihan asertivitas. Saran yang dapat dirumuskan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian lebih lanjut sampai pada tahap uji lapangan untuk mengetahui efektivitas penerapan paket pelatihan asertivitas untuk konselor sekolah yang akan menggunakan paket ini untuk lebih mempelajari paket pelatihan asertivitas ini sehingga dapat memberikan pelatihan secara optimal kepada siswa juga disesuaikan dengan latar budaya dan permasalahan yang dihadapi siswa untuk siswa sebaiknya mempersiapkan diri secara sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan asertivitas ini sehingga mendapat hasil yang memuaskan dan bermanfaat untuk sekolah pelaksanaan pelatihan asertivitas hendaknya dilakukan setiap tahun dan diberikan kepada semua siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item