Pengembangan bahan ajar fisika berbasis problem solving untuk membantu peserta didik SMA/MA menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari / Zelin Norma Resty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis problem solving untuk membantu peserta didik SMA/MA menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari / Zelin Norma Resty

Resty, Zelin Norma (2017) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis problem solving untuk membantu peserta didik SMA/MA menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari / Zelin Norma Resty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solihah Febrianita Putri. 2017. Penanaman Kebiasaan Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Blitar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd (II) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci penanaman kebiasaan membaca sekolah dasar. Penanaman kebiasaan membaca di sekolah dasar erat kaitannya dengan pengembangan literasi pada diri siswa sejak dini. Sekolah memiliki peran untuk menciptakan program penanaman kebiasaan membaca agar pengembangan tersebut dapat terlaksana. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti penerapan program pembiasaan di SD Muhammadiyahh Kota Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan penanaman kebiasaan membaca (2) mendeskripsikan pelaksanan penanaman kebiasaan membaca dan (3) mendeskripsikan evaluasi penanaman kebiasaan membaca. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Peneliti hadir di lokasi penelitian dengan tidak memberikan perlakuan apapun terhadap subjek penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata tindakan sumber tertulis atau dokumen. Data berasal dari sumber data berupa catatan observasi transkrip wawancara dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian dicek keabsahannya dengan triangulasi kecukupan referensial peningkatan ketekunan dan penggunaan bahan referensi. Hasil penelitian terdiri dari 3 hal sesuai dengan tujuan penelitian. Pertama perencanaan penanaman kebiasaan membaca berpusat pada rencana yang disusun oleh kepala sekolah. Dokumen perencanaan opening class berupa jadwal opening class dan pembiasaan membaca pada hari Rabu berupa pembagian tugas guru pendamping/guru piket. Wali kelas sebagai penanggung jawab program opening class dan guru piket sebagai penanggung jawab program pembiasaan membaca pada hari Rabu tidak dibebankan perencanaan dan diberikan kebebasan untuk mengembangkan kegiatan program sesuai dengan kemampuan dan kreativitas guru. Program opening class dan pembiasaan membaca pada hari Rabu merupakan program wajib yang dilakukan oleh siswa dan bukan program yang ditawarkan kepada wali murid maka sosialisai tentang program hanya diberikan kepada siswa. 2) Persiapan pelaksanaan penanaman kebiasaan membaca berupa opening class menggunakan sarana/prasarana lain dilakukan oleh guru kelas 4. Siswa kelas 3 dan 4 diikutkan dalam persiapan kegiatan. Pemilihan buku bacaan dilakukan guru kelas 1 sedangkan pemilihan buku bacaan untuk siswa kelas 3 dan 4 dilakukan oleh siswa. Persiapan pelaksanaan penanaman kebiasaan membaca berupa membaca pada hari Rabu menggunakan sarana/ prasarana lain berupa karpet pengeras suara kardus buku dan gerobak buku. persiapan kegiatan dilakukan oleh satpam. Siswa bebas memilih buku bacaan. Penerapan program opening class dan pembiasaan membaca pada hari Rabu pada tahap persiapan digunakan sarana/prasaran lain dilaksanakan dengan menggunakan beberapa metode. Opening class di kelas 1 menggunakan metode membaca nyaring tanpa diikuti tugas di kelas 3 menggunakan metode mandiri dan diikuti tugas menulis di catatan membaca dan di kelas 4 menggunakan metode membaca mandiri dan diikuti tugas merangkum dan bercerita. Pembiasaan membaca membaca pada hari rabu dilaksanakan siswa dengan metode mandiri berpasanagan dan terbimbing sedangkan guru dengan membaca nyaring dan mandiri. Penguatan diberikan degan memberikan kritikan pada siswa. Untuk menunjang penerapan program pembiasaan membaca diciptakan lingkungan pembiasaan membaca berupa perpustakaan sekolah dan perpustakaan kelas. 3) Evaluasi penanaman kebiasaan membaca dilaksanakan pada rapat bulanan dan evaluasi berupa evaluasi lisan berkaitan tentang keberhasilan maupun kendala yang dihadapi dalam penerapan dan motivasi dari kepala sekolah. Dari hasil di atas disarankan kepada kepala sekolah untuk mensosialisasikan program tersebut kepada wali kelas dan memberikan tugas administrasi dari perencanaan maupun laporan penerapan program sehingga ketika melakukan evaluasi terdapat landasan yang dapat digunakan untuk pengembangan program selanjutnya. Selain itu sekolah akan memiliki bukti tertulis berkaitan dengan adanya program opening class dan pembiasaan membaca pada hari Rabu di SD Muhammadiyah Kota Blitar. Bagi wali kelas dan guru piket hendaknya juga menyusun rencana pelaksanaan kegiatan program secara tertulis walaupun dari kepala sekolah tidak memberikan beban/ tugas untuk membuatnya. Perencanaan dapat disusun seperti apa yang telah dilaksanakan oleh kepala sekolah yaitu berupa jadwal opening class untuk masing-masing kelas dan jadwal pembiasaan membaca pada hari Rabu. Dengan begitu dapat lebih tergambarkan secara jelas kegiatan dalam program yang dilaksanakan oleh wali kelas dan guru piket. Penerapan program opening class dan pembiasaan membaca pada hari Rabu masih akan terus diterapkan oleh karena itu bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil ini sebagai dasar untuk mengembangkan desain perencanaan dan evaluasi tertulis yang dapat membantu kepala sekolah atau guru SD Muhammadiyah dalam hal administrasi. Dapat juga digunakan dalam pengembangan asessmen dari program tersebut karena belum ada alat penilaian yang dapat menilai program tersebut. Selain itu dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian eksperimen tentang pengaruh program tersebut terhadap keterampilan membaca yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18768

Actions (login required)

View Item View Item