Pengaruh integrasi thinking maps dalam model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI SMAN 9 Malang pada materi Fluida Dinamis / Cikita Bella Nurbaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh integrasi thinking maps dalam model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI SMAN 9 Malang pada materi Fluida Dinamis / Cikita Bella Nurbaya

Nurbaya, Cikita Bella (2017) Pengaruh integrasi thinking maps dalam model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI SMAN 9 Malang pada materi Fluida Dinamis / Cikita Bella Nurbaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurbaya C.B. 2017. Pengaruh Integrasi Thinking Maps dalam Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 9 Malang pada Materi Fluida Dinamis. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nuril Munfaridah S.Pd. M.Pd (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Kata Kunci Problem Based Learning Thinking Maps Kemampuan Pemecahan Masalah. Salah satu materi yang dianggap sulit adalah materi Fluida dinamis. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan hukum kontinuitas dan hukum Bernoulli karena terlalu banyak rumus yang digunakan dan peserta didik hanya menghafal rumus saja tanpa memahaminya. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah model PBL. PBL merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari peserta didik sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Keberadaan model PBL yang diintegrasikan dengan thinking maps memberikan kebebasan peserta didik untuk lebih berpikir kreatif dan aktif berpartisipasi dalam pencarian informasi untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan thinking maps pada pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas XI SMAN 9 Malang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-MIA F sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIA H sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) silabus 2) RPP 3) LKPD 4) instrumen keterlaksanaan pembelajaran dan 5) tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 8 butir soal essay . Tes kemampuan pemecahan masalah adalah cara untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan langkah-langkah sistematis meliputi mengenali masalah merencanakan strategi menerapkan strategi dan mengevaluasi solusi. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Chi-Square dan uji homogenitas Fisher. Selanjutnya dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji-t didapat bahwa thitung 2 090 dan ttabel 2 048. thitung lebih besar dari ttabel sehingga disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (81 38 76 87). Penggunaan thinking maps dapat membantu peserta didik dalam menentukan strategi yang digunakan dalam memecahkan masalah sedangkan peserta didik yang tidak menggunakan thinking maps mengalami kesulitan dalam memilih strategi yang digunakan untuk memecahkan masalah. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk analisis penggunaan thinking maps oleh peserta didik terhadap materi yang sesuai. ABSTRACT Nurbaya C.B. 2017. The Effect of Thinking Maps Integration in Problem Based Learning toward Problem Solving Skills Of Eleventh Grade Students SMAN 9 Malang on Dynamic Fluid. Thesis Department of Physsics Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Advisors (I) Nuril Munfaridah S.Pd. M.Pd (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd. Keyword Problem Based Learning Thinking Maps Problem Solving Skills. One material that is difficult is dynamic fluid. Students have difficulty in problems solving related to the equation of continuity and Bernoulli s equation because too many formulas are used and students just memorize the formula alone without understanding it. One model of learning that can enhance the problem solving is Problem Based Learning (PBL). PBL is a learning model that serves variety of real problems learners daily lives to stimulate students to learn. The existence of PBL model that integrated with thinking maps give the students the freedom to think more creatively and actively in searching the information search to solve everyday problems. The objective of this study is to know the influence of the use of thinking maps on PBL about the physics problem-solving skills of students in Eleventh Grade Students SMAN 9 Malang. The design used in this study were pre-test and post-test control class design. The samples were (1) students of XI-MIA F as the experimental class (2) XI-MIA H as the control class. They were choosen by cluster random sampling. The research instrument used in this study were 1) the syllabi 2) lesson plans 3) students worksheets 4) instrument of learning implementation and 5) instrument of problem solving skills which consists of 8 items essay. Instrument of problem solving skills was used to determine students problem solving skills with systematic steps such as recognizing the problem planning a strategy implementing strategies and evaluating solutions. As prerequisite it was used the normality test with chi-square and the test of homogeneity using the Fisher test. t-test was used to test the hypothesis with significance level 5%. The result of t-test were tcalculate 2 090 and ttable 2 048. tcalculate is greater than ttable so it is concluded that the problem solving skill of the experimental class is higher than the problem solving skills of control class. The results of post-test showed that the average value of both the experimental class was higher than that of control class (81 38 76 87). Its caused the use of thinking maps can help students in determining the strategies that used in solving problems. In the other hand students who do not use thinking maps have difficulties in choosing strategies when they want to solve problems. Further research is needed to analyze the use of thinking maps by students against the appropriate physics material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18748

Actions (login required)

View Item View Item