Safitri, Bella Kurnia (2017) Pengaruh pembelajaran inquiri-discovery berbasis kajian empiris-teoritis berbantuan animasi phet terhadap pemahaman konsep fisika peserta ddik kelas X SMA Negeri Malang / Bella Kurnia Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Safitri Bella Kurnia. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inquiry-Discovery Berbasis Kajian Empiris-Teoritis berbantuan Animasi PhET terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd. (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Inquiry-Discovery kajian empiris-teoritis animasi PhET pemahaman konsep Fisika. Berdasarkan kurikulum 2013 pembelajaran di kelas harus mengarah pada upaya pembelajaran yang mandiri dan mampu mendorong peserta didik untuk menemukan konsep (discovery) berdasarkan pengalaman penyelidikannya (inquiry). Selain itu peran media dalam pembelajaran sangat penting sebab dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam memahami materi. Salah satu media pembelajaran yaitu animasi PhET. Berkaitan dengan itu akan dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inquiry-discovery berbasis kajian empiris-teoritis berbantuan animasi PhET terhadap pemahaman konsep Fisika peserta didik kelas X SMA Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Skor kemampuan awal diperoleh dari rata-rata nilai ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester sebelumnya dan hasilnya diuji dengan menggunakan uji t. Skor tersebut digunakan untuk mengetahui kesamaan keadaan awal kedua kelas dan untuk mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkatan akademiknya. Data pemahaman konsep Fisika peserta didik diperoleh dari skor tes materi Usaha dan Energi setelah dilakukan pembelajaran. Instrumen pengambilan data yaitu 15 soal pilihan ganda untuk pemahaman konsep Fisika. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Anava AB dan uji Tukey sebagai uji lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik kelompok atas menggunakan pembelajaran inquiry-discovery berbasis kajian empiris-teoritis berbantuan animasi PhET memiliki pengaruh pemahaman konsep Fisika yang lebih baik. (2) Peserta didik kelompok bawah menggunakan pembelajaran inquiry-discovery berbasis kajian empiris-teoritis berbantuan animasi PhET memiliki pengaruh pemahaman konsep Fisika yang lebih baik. (3) Peserta didik menggunakan pembelajaran inquiry-discovery berbasis kajian empiris-teoritis berbantuan animasi PhET memiliki pengaruh pemahaman konsep Fisika yang lebih baik. ABSTRACT Safitri Bella Kurnia. 2017. The Effect of Inquiry-Discovery Learning based on Empirical- Theoretical Studies assisted by PhET Animation toward Physics Conceptual Understanding of Tenth Grade High School Students in Malang. Thesis Department of Physics Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Advisors (I) Dr. Wartono M.Pd. (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Keywords inquiry-discovery learning empirical-theoretical studies PhET animation physics conceptual understanding. Based on the curriculum of 2013 learning in the classroom should be directed to effort independent learning and can to encourage the students to find concepts (discovery) based on experience of the investigation (inquiry). Besides it the role of media in learning is very important because it can help teacher and students to understand the matter. One of learning media is PhET animation. In associated it will be conducted research to know the effect of inquiry-discovery learning based on empirical- theoretical studies assisted by PhET animation toward physics conceptual understanding of tenth grade high school students in Malang. The research method use quasi experiment with posttest only control group design. Technique to put sample use purposive sampling. Prior knowledge data be find from average score of midterm test and final test before and the results were tested with the t-test. Prior knowledge data used to know similarity prior condition between two group and to grouping students by academic level. Data of physics conceptual understanding stundents be find from score test in matter work and energy after students given learning. Find raising instrument is 15 multiple choice questions for physics conceptual understanding test. Hypothesis test in this research use Anava AB and Tukey s test as a further test. The result of research showed that (1) Students of the upper groups are use inquiry-discovery learning based on empirical-theoretical studies assisted by PhET animation have a better influence on physics conceptual understanding. (2) Students of the lower groups are use inquiry-discovery learning based on empirical-theoretical studies assisted by PhET animation have a better influence on physics conceptual understanding. (3) Students are use inquiry-discovery learning based on empirical-theoretical studies assisted by PhET animation have a better influence on physics conceptual understanding.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |