Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIA 3 MAN 1 Malang / Binti Endang Sriwahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIA 3 MAN 1 Malang / Binti Endang Sriwahyuni

Sriwahyuni, Binti Endang (2016) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X MIA 3 MAN 1 Malang / Binti Endang Sriwahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sriwahyuni Binti Endang. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X-MIA 3 MAN 1 Malang. Skripsi. Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Dra. Endang Purwaningsih M.Si. Kata kunci Model Pembelajaran Inkuiri Kemampuan Memecahkan Masalah Hasil observasi awal pelaksanaan pembelajaran fisika di MAN 1 Malang yaitu pembelajaran fisika dilaksanakan tanpa pengajuan sebuah permasalahan. Hal ini karena guru hanya menerangkan dan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi pembelajaran fisika adalah menumbuhkan kemampuan memecahkan masalah. Berdasarkan kurikulum 2013 inkuiri merupakan model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mencapai fungsi tersebut. Tujuan penelitian adalah 1) mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X-MIA 3 MAN 1 Malang pada materi kalor dan perpindahan kalor 2) mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri pada materi kalor dan perpindahan kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 langkah yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIA 3 MAN 1 Malang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri dan kemampuan siswa memecahkan masalah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa observasi terhadap langkah-langkah pembelajaran catatan lapangan soal kemampuan memecahkan masalah dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif berupa reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan dari siklus I yang masih di bawah kriteria minimal yang ditetapkan ke siklus II di atas kriteria minimal yang ditetapkan. Peningkatan ini terjadi karena siswa dilatih agar memiliki pengendalian emosi yang kuat dalam hal ini siswa dilatih untuk tidak takut dalam membuat kesalahan. Kemampuan memecahkan masalah siswa pada siklus I belum mencapai keberhasilan karena siswa masih mengalami kesulitan pada tahap menyusun rencana dan melaksanakan rencana. Pada siklus II kemampuan memecahkan masalah siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18718

Actions (login required)

View Item View Item