Hubungan motivasi belajar, self esteem dan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik siswa smkn 3 boyolangu / Tanzainu Noor Razif - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi belajar, self esteem dan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik siswa smkn 3 boyolangu / Tanzainu Noor Razif

Razif, Tanzainu Noor Razif (2021) Hubungan motivasi belajar, self esteem dan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik siswa smkn 3 boyolangu / Tanzainu Noor Razif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar penting untuk direnungkan karena merupakan ukuran pencapaian ukuran belajar siswa. Tuntutan hasil belajar menjadi motivasi seharusnya merupakan suatu pendekatan untuk menggarap sifat siswa yang ditunjukkan dengan konsekuensi prestasi ilmiah yang baik. Kegiatan penelitian ini yang dilakukan guna untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar kepercayaan diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa. Teknik penelitian yang dipergunakan pada kegetiatan studi penelitian ini adalah strategi kuantitatif yang jelas. Penelitian ini mengambil dua variabel lebih spesifiknya tiga variabel bebas yang terdiri dari motivasi belajar (X1) harga diri (X2) kemampuan berpikir kritis (X3) dan satu variabel hasil belajar (Y). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber-sumber esensial dan opsional. Strategi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah survei. Penelitian ini menggunakan strategi pengujian regresi linier sederhana dan regresi linier berganda karena teknik pengujian ini berfungsi untuk memastikan seberapa besar hubungan sejauh faktor-faktor yang dipertimbangkan. Hasil pengujian menyatakan bahwa terdapat hubungan yang sangat besar antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dan menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif (searah) terhadap hasil belajar. Hasil eksplorasi yang telah selesai menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat besar antara kepercayaan diri dan hasil belajar. Kemampuan penalaran dasar harus diasah terutama kemampuan berpikir logis cerdas cermat dan bermanfaat sebagai bantuan bagi siswa untuk menyerap materi yang diajarkan oleh pendidik dengan tujuan agar siswa untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/187104

Actions (login required)

View Item View Item