Singgih, Joko (2011) Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran aksara Lampung berbasis pemrograman visual untuk kelas IV smester 2 SDN 1 Bratasena Adiwarna Tulang Bawang / Joko Singgih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Multimedia Interaktif Media Pembelajaran Aksara Lampung Kehadiran teknologi multimedia bukan lagi menjadi barang mewah karena semakin lama harganya bias dijangkau oleh segenap lapisan masyarakat untuk memiliki dan menikmatinya sehingga sekolah sebagai lembaga pendidikan diharapkan mampu memiliki teknologi tersebut agar bias menjadikannya sebagai media pembelajaran yang menarik interaktif dan mampu mengembangkan kecakapan personal secara maksimal dalam kemampuan kecakapan kognitif afektif psikomotorik emosional dan spiritual. Hal ini sangat memungkinkan ketika ruang belajar diluar gedung sekolah telah menghasilkan berbagai produk audio visual yang bernilai educative mulai dari mata pelajaran yang disajikan dalam bentuk kuis ataupun dalam bentuk penceritaan dan berbagai permainan yang memukai (Ariyani dan Hryanto 2010 33) Dalam pengembangan media Multimedia Interaktif ini pengembang berpedoman pada tujuanpembelajaran yang terdapat pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan yang dilakukan oleh Sadiman karena sesuai dengan tahap pengembangan media multimedia interaktif dan kemudahan dalam validasi (Evaluasi satu lawan satu evaluasi kelompok kecil dan evaluasi lapangan). Berdasarkan hasil analisis data ahli siswa uji lapangan diperoleh hasil 97 4% sehingga dapat diinterprestasikan bahwa multimedia interaktif pembelajaran aksara lampung kelas IV smester 2 yang dikembangkan termasuk dalan kriteria Valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembang menyarankan agar multimediai teraktif pembelajran aksara lampung ini digunakan juga pada proses pembelajaran padasemua kelas karena materi pelajaran dan contoh-contoh yang ada dalam multimedia interaktif pembelajaran aksara lampung ini dapat digunakan dalam memenuhi standar kompetensi pembelajaran pada semua kelas Untuk pengembang berikutnya agar menambah jumlah soal yang terdapat pada kuis agar siswa dapat melakukan lebih banyak lagi latihan soal sehingga siswalebih memahami materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/187 |
Actions (login required)
View Item |