Pengembangan modul fluida statis berbasis kecerdasan majemuk dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Nora Indrasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul fluida statis berbasis kecerdasan majemuk dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Nora Indrasari

Indrasari, Nora (2015) Pengembangan modul fluida statis berbasis kecerdasan majemuk dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa / Nora Indrasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL FLUIDA STATIS BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK DAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA ABSTRAK Indrasari Nora. 2015. Pengembangan Modul Fluida Statis Berbasis Kecerdasan Majemuk dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Endang Purwaningsih Dra M.Si. (II) Agus Suyudi Drs M.Pd Kata Kunci modul kecerdasan majemuk PCK (Pedagogical Content Knowledge) kemampuan berpikir kritis Pada Kurikulum 2013 semua mata pelajaran harus berkontribusi dalam pembentukan sikap pengetahuan dan keterampilan. Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan kemampuan berpikir dan kemampuan psikomotorik dengan pendekatan saintifik. Menurut PP No.32 Th 2013 tidak hanya siswa yang dituntut untuk berkembang dalam pembelajaran fisika guru juga dituntut untuk berkembang. Guru perlu memahami karakteristik materi (content) dan karakteristik siswa (pedagogical) dalam menyusun strategi pembelajaran di kelas pengetahuan tersebut dikenal dengan PCK (Pedagogical Content Knowledge). Karakteristik siswa berbeda-beda dikarenakan masing-masing siswa memiliki kecerdasan tertentu dan potensi tertentu tergantung dengan gaya belajar mereka. Penelitian pendahuluan yang melibatkan 200 siswa SMP di kota Malang menghasilkan setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda yaitu 50% dengan melihat (visual learner) 35% mendengar (auditory learner) 7% gerakan (kinesthetic learner) serta sisanya merupakan gabungan-gabungan dari tiga tipe gaya belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R D) yang bertujuan menghasilkan produk berupa Modul Fluida Statis berbasis kecerdasan majemuk dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pengembangan dilakukan mengacu pada model procedural menurut Borg Gall yang dibatasi sampai tahap Operational Product Revision. Objek uji coba penelitian ini adalah 10 siswa X IPA 4 SMAN 4 Malang pada uji skala kecil dan 36 siswa X IPA 1 SMAN 4 Malang pada uji skala besar. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian Modul oleh ahli materi guru fisika dan respon siswa. Tes tulis berupa pre-test dan post-test dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan Modul Fluida Statis hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan Modul yang dikembangkan layak dengan penilaian dari ahli materi mendapat skor rata-rata 3 44 dan guru fisika 3 40. Siswa memberikan respon baik terhadap Modul yang berarti Modul dapat diterima. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0 68.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18633

Actions (login required)

View Item View Item