Anisa, Novia Nur Anisa (2021) pengembangan e-modul mata pelajaran ekonomi berbasis flip pdf corporate di kelas xi ips 1 sma negeri 1 gondanglegi / novia nur anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Virus Covid-19 telah menjadi pandemi global dan sektor pendidikan terkena dampaknya. Demi penghentian penyebaran virus covid 19 ini semua kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah atau biasa disebut pembelajaran daring. Kegiatan pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Gondanglegi khususnya mata pelajaran Ekonomi dilaksanakan menggunakan Google Classroom yaitu dengan pemberian UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) kepada peserta didik. UKBM yang diberikan berisi rangkuman dari materi dan juga berisi soal-soal terkait sehingga peserta didik harus mencari sendiri materi secara lengkapnya. Selain itu pada beberapa materi diberikan dalam bentuk link video pembelajaran yang diambil dari Youtube. Pada satu kali pertemuan terdapat beberapa file dan link yang terpisah sehingga membuat peserta didik kesusahan karena belum terintegrasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah membuat media pembelajaran yang valid dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat memudahkan peserta didik dalam belajar mandiri. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa e-modul mata pelajaran Ekonomi Semester 2 kelas dengan berpedoman pada pada silabus Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI yang didesain menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate. Output dari e-modul ini berupa file dan bisa diakses secara online menggunakan Gadget maupun Laptop tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Metode dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research amp Development (R amp D) yaitu untuk menghasilkan produk tertentu berupa e-modul ekonomi. Metode ini dilakukan modifikasi tahapan menjadi 8 tahapan pengembangan yang dilakukan untuk menyesuaikan keadaan yang terjadi di lapangan. Lokasi dalam penelitian pengembangan pada kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gondanglegi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi wawancara dan hasil uji coba produk. Hasil uji validitas oleh ahli menunjukkan tingkat validitas media dalam E-Module yang dikembangkan sebesar 100% dan tingkat validitas materi dari ahli materi 1 menunjukkan 80% dan tingkat validitas materi dari ahli materi 2 menunjukkan 89 41%. Hasil penelitian yang dilakukan kepada siswa dengan cara uji coba produk ke pengguna (kelompok kecil) menujukkan hasil 93 58% dan uji coba produk ke pengguna (kelompok besar) menujukkan hasil 91 81%. Produk yang telah dikembangkan menujukkan hasil rata-rata 90 96%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran serta dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada. Materi dan semua komponennya yang termuat menjadi satu di dalam e-modul menjadikan media yang digunakan dalam pembelajaran terintegrasi dan dapat memudahkan peserta didik dalam belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/186329 |
Actions (login required)
View Item |