Febbivoyna, Debora (2015) Pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu / Debora Febbivoyna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Febbivoyna Debora. 2015. Pengaruh Model Discovery Learningterhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 02 Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumarjono M.Pd (2) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. Kata Kunci discovery learning prestasi belajar fisika Pembelajaran kurikulum 2013 menghendaki siswa mempelajari pengetahu-an dengan pendekatan saintifik. Faktanya sebagian besarpola pembelajaran fisika masih bersifat transmisif guru mentransfer dan memberikan konsep-konsep secara langsung pada siswa. Akibatnya prestasi belajar fisika siswa masih perlu ditingkatkan. Salah satu solusi yang mampu meningkatkan prestasibelajar fisika siswaadalah diterapkannya model Discovery Learning.PembelajaranDiscovery Learningdapat membantu siswa mengembangkan pemahaman konsep berdasar-kan pengalaman dasar siswa.Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimentdengan rancangan eksperimen Posttest Only Control Group Desain.Data penelitian ini adalah skor prestasi belajar fisikasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learningdan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan cara konvensional.Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik pemberian post test. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen perangkat pembelajaran materi suhu dan kalor serta butir soal tes yang diujicobakan dan dianalisis dengan uji validitas daya pembeda taraf kesukaran dan reliabilitas. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas varians dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa data skor post test terdistri-busi normal memiliki varians homogen danmemiliki nilai thitung 2 948 1 998 (t63 .05). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning memiliki prestasi belajar fisika yang berbeda dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengancara pembelajaran konvensional. Selanjutnya dari harga rerata skor post test diketahui X 773 _1 3 06 2 77(X 773 _2) berarti nilaiprestasi belajar fisika siswa kelas X SMAN 02 Batu yang dibelajarkanfisika dengan model Discovery Learning lebih tinggi daripada yang dibelajarkan dengan cara konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |