Rohmah, Siti Ainur (2015) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk menumbuhkan Higher Order Thingking Skill (HOTS) siswa kelas X pokok bahasan fluida statis / Siti Ainur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rohmah Siti Ainur. 2015. Pengembangan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk menumbuhkan higher order thinking skills (HOTS) siswa kelas X pokok bahasan fluida statis. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutarman M.Pd. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci bahan ajar fisika berbasis masalah higher order thinking skills Pada pembelajaran fisika siswa dituntut untuk memiliki higher order thinking skills (HOTS). Namun berdasarkan observasi yang dilakukan terdapat kesulitan dalam menyeimbangkan bahan ajar yang dapat menumbuhkan HOTS. Oleh sebab itu diperlukan bahan ajar yang dapat mengatasi kesulitan tersebut. Bahan ajar yang dimaksud adalah bahan ajar berbasis masalah yang dalam penyusunannya disisipkan permasalahan kontektual. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar fisika berbasis masalah untuk menumbuhkan higher order thinking skills siswa kelas X pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian 4D dengan mengambil tiga langkah awal yakni pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan serta keterbacaan bahan ajar. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim ahli (satu guru bidang studi fisika) serta uji coba keterbacaan oleh pengguna bahan ajar (sepuluh siswa SMAN 2 Malang). Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik perhitungan persentase. Penelitian dan pengembangn ini menghasilkan bahan ajar fisika berbasis masalah dalam bentuk buku siswa dan buku guru. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa bahan ajar buku siswa dan buku guru masing-masing memperoleh nilai persentase kelayakan sebesar 92% dan 98% dari penilaian tim ahli yang berarti bahan ajar buku siswa dan buku guru tersebut layak. Berdasarkan uji keterbacaan oleh siswa diperoleh nilai persentase sebesar 94% yang berarti layak atau baik. Berdasarkan hasil kedua uji tersebut berarti bahan ajar yang disusun sudah layak untuk digunakan tanpa adanya revisi. Namun berdasarkan data kualitatif bahan ajar ini telah direvisi. Adapun kelebihan bahan ajar yaitu sistematika penyusunan dan kegiatan dalam bahan ajar didesain untuk menumbuhkan HOTS serta dapat digunakan oleh semua peserta didik tanpa menggunakan alat penunjang seperti komputer. Selain kelebihan bahan ajar juga memiliki kekurangan yaitu bahan ajar yang dikembangkan hanya terbatas pada materi fluida statis. Meskipun bahan ajar ini termasuk dalam kategori valid namun bahan ajar ini belum bisa digunakan pada pembelajaran. Hal tersebut karena harus dilakukan penelitian pengembangan lebih lanjut dengan melakukan tahap uji coba lebih luas sehingga diperoleh bahan ajar fisika berbasis masalah yang teruji validitasnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |