Bestari, Anindya (2011) Keefektifan teknik modeling simbolis untuk meningkatkan asertivitas siswa SMP / Anindya Bestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci keefektifan modeling simbolis asertivitas. Remaja sering bingung bagaimana ia harus mengungkapkan pikiran atau perasaan yang ada dalam dirinya. Rasa khawatir akan menyakiti orang lain menjadi penyebab remaja menjadi kurang bisa mengungkapkannya. Hal inilah yang sering menjadi masalah bagi remaja yaitu perilaku asertif. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melatih perilaku asertif adalah dengan teknik modeling simbolis yaitu teknik mencontoh atau meniru perilaku orang lain yang sesuai dengan perilaku yang akan diubah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri di Malang diketahui bahwa banyak siswa yang memiliki asertivitas rendah. Hal ini terlihat dari cara mereka menolak dan menerima ajakan orang lain sehingga mereka kesulitan untuk mengkomunikasikan apa yang sebenarnya ada dalam pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik modeling simbolis terhadap peningkatan asertivitas siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pola one group pre-test and post-test design. Adapun prosedur penelitian terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan meliputi observasi pengurusan surat ijin penelitian penyusunan instrumen penelitian dan uji coba instrumen skala perilaku asertif dengan hasil 31 item valid. Tahap kedua yaitu seleksi subjek berdasarkan skor total terendah dan diperoleh subjek penelitian 13 siswa yang memiliki asertivitas sedang yang dikelompokkan dalam satu kelas eksperimen dengan teknik purposive sampling. Tahap ketiga yaitu pelaksanaan eksperimen dengan media cuplikan film Oh Baby Bee Movie Best Friend Petualangan Sherina dan Ratatouille dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh teknik modeling simbolis terhadap peningkatan asertivitas siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Uji Wilcoxon dengan nilai Z sebesar -2 953 dapat disimpulkan bahwa teknik modeling simbolis efektif untuk meningkatkan asertivitas siswa SMP dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0 003. Berdasarkan hasil penelitian saran bagi konselor dan peneliti selanjutnya yaitu hendaknya lebih intensif melakukan pengontrolan terhadap setiap perilaku yang dimunculkan siswa sehingga hasil penelitian akan lebih optimal. Hal lain yang harus diperhatikan sebelum pelaksanaan yaitu situasi dan kondisi di sekeliling tempat pelaksanaan kegiatan bimbingan yang tidak ramai dan tenang. Masalah teknis hendaknya juga diperhatikan misalnya penerangan ruangan yang digunakan untuk pelaksanaan pemberian materi bimbingan yang dalam hal ini adalah tayangan cuplikan film serta penggunaan layar LCD akan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1859 |
Actions (login required)
View Item |