Ulfah, Qurnia Ni'matul (2014) Penerapan model pembelajaran POE (Presdict-Observe-Explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas X-MIA 4 SMA N 6 Malang dalam materi fisika kalor / Qurnia Ni'matul Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ulfah Qurnia Ni matul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X-MIA 4 SMA N 6 Malang dalam Materi Fisika Kalor. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Asim M.Pd (II) Dr. Parno M.Si. Kata Kunci POE kemampuan berpikir kritis motivasi belajar siswa Berdasarkan hasil observasi awalan di kelas X-MIA 4 SMA N 6 Malang menunjukkan kalau kemampuan berpikir kritis siswanya masih kurang. Selama proses pembelajaran siswa kurang mampu menunjukkan aktivitas belajar yang mengacu pada kegiatan berpikir kritis seperti menganalisis mengasosiasi menjelaskan dan menyimpulkan. Selain itu minat siswa belajar fisika juga kurang baik. Terlihat pada saat pembelajaran siswa tidak antusias untuk berpendapat dan juga kurang fokus dalam pembelajaran. Hal ini mempengaruhi motivasi belajar siswa. Sementara itu kurikulum 2013 yang sekarang berkembang di Indonesia menuntut agar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis tersebut dengan baik. Untuk dapat memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik siswa harus memiliki motivasi belajar yang baik pula. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang baik akan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas X-MIA 4 SMA N 6 Malang. Terdapat 3 buah data yang diambil pada penelitian ini. Data pertama merupakan data keterlaksanaan model pembelajaran POE yang diperoleh selama proses pembelajaran berlangsung dengan cara observasi. Data kedua adalah data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari pengamatan terhadap kegiatan belajar siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan indikator-indikator ketrampilan berpikir kritis. Selanjutnya masing-masing data tersebut dihitung persentasenya untuk mengetahui besarnya persentase keterlaksanaan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Data terakhir adalah motivasi belajar siswa yang diperoleh dari isian angket motivasi belajar oleh siswa kelas X-MIA 4 SMA N 6 Malang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain). Oleh karena itu model ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu variasi pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga dapat digunakan oleh sebagai salah satu referensi untuk melakukan ataupun mengembangkan penelitian lain yang serupa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |