Novianti, Nike (2014) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Wagir Kabupaten Malang / Nike Novianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Novianti Nike. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Wagir. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sugiyanto S.Pd M.Si (2) Sulur S.Pd M.Si M.T.D. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing keterampilan proses IPA hasil belajar. Keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 1 Wagir rendah dan perlu ditingkatkan. Keterampilan proses yang rendah ini terlihat pada saat kegiatan percobaan resonansi dan hasil belajar yang rendah terlihat dari nilai ulangan harian dan tugas. Peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Keterampilan proses IPA tersebut meliputi 5 aspek yaitu keterampilan mengajukan pertanyaan menggunakan alat dan bahan mengamati menafsirkan hasil pengamatan dan mengkomunikasikan. Hasil belajar siswa meliputi tiga aspek kemampuan yaitu kemampuan menghafal (C1) kemampuan memahami (C2) dan kemampuan menerapkan (C3). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart dengan tahapan identifikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus di kelas VIII B SMPN 1 Wagir yang terdiri atas 33 orang siswa pada semester genap. Keterlaksanaan penerapan model inkuiri terbimbing diukur dari kesesuaian perilaku guru dan siswa terhadap skenario pembelajaran yang telah direncanakan. Hasil belajar siswa dan peningkatannya diukur secara autentik setiap pertemuan selama penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui ulangan harian pekerjaan rumah dan lembar kerja siswa. Keterampilan proses IPA dan peningkatannya diukur secara autentik setiap pertemuan selama penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan menggunakan lembar observasi keterampilan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kererampilan proses IPA dan hasil belajar siswa meningkat selama menerapkan model inkuiri terbimbing. Kenaikan dari keterlaksanaan model inkuiri terbimbing sebesar 63% oleh siswa dan 74 7% oleh guru pada siklus I menjadi 90 5% oleh siswa dan 95 8% oleh guru pada siklus II. Kerampilan proses siswa meningkat sabesar 18 03% dari 63 3% pada siklus I menjadi 81 33% pada siklus II. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 15 1% pada observasi awal menjadi 42 45% dan 84 85% pada siklus I dan siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 1 Wagir.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |