Oktamia, Nila (2014) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis eksperimen untuyk meningkatkan minat dan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Pulung Ponorogo / Nila Oktamia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Oktamia Nila. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Pulung Ponorogo.Skripsi Program Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd (II) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd. Kata Kunci model GI berbasis eksperimen minat belajar siswa pemahaman konsep fisika 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang telah dilakukankepada guru fisika SMA Negeri 1 PulungPonorogo minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa cukup rendah dan perlu ditingkatkan. Pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen jarang diterapkan di sekolah karena guru menganggap bahwa penggunaan metode eksperimen membutuhkan waktu yang lama baik dari segi persiapan maupun pelaksanaan. Metode eksperimen bermanfaat untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa serta dapat menemukan dan memecahkan masalah. Siswa lebih mudah memahami konsep fisika jika siswa melakukan sendiri melalui eksperimen. Model yang mampu meningkatkan minat belajar fisika dan pemahaman konsep siswa adalah model pembelajaran Group Investigation (GI). Model GI merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri informasi yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Model GI dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri. Keterlibatan siswa secara aktif dapat terlihat mulai dari tahap pertama sampai tahap terakhi rpembelajaran. 12288 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian berlangsung dalam dua siklus pada kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Pulung Ponorogo yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan catatan lapangan lembar observasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif berupa kata-kata atau kalimat dan kuantitatif berupa angka. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan selama proses pelaksanaan tindakan terjadi peningkatan keterlaksanaan model pembelajaran GI pada siklus I sebesar 82 75% dan pada siklus II sebesar 91 53%. Persentase minat belajar fisika siswa juga meningkat pada siklus I dan II sebesar 69 93% dan 91 67%. Rata-rata nilai tes pemahaman konsep fisika siswa sebelum diterapkan model pembelajaran GI adalah 56 08 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 23 52%. Berdasarkan analisis pemahaman konsep fisikasiswa pada siklus I persentase ketuntasanbelajar siswa sebesar 47 06%. Nilai rata-rata tes pemahaman konsep siswa pada siklus I adalah 70 12. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep fisika siswa setelah diterapkannya model pembelajaran GI. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 73 52%. Nilai rata-rata tes pemahaman konsep fisikasiswa pada siklus II adalah 81 47. Berdasarkan data tersebut diketahui bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar dan nilai rata-rata tes pemahaman konsep fisikasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran GI dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Sep 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18564 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |