Pengembangan inventori gaya belajar siswa sekolah dasar berbasis software dan implikasi bimbingannya / Bela Hening Hukama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan inventori gaya belajar siswa sekolah dasar berbasis software dan implikasi bimbingannya / Bela Hening Hukama

Hukama, Bela Hening (2011) Pengembangan inventori gaya belajar siswa sekolah dasar berbasis software dan implikasi bimbingannya / Bela Hening Hukama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Inventori gaya belajar software Setiap anak memiliki kemampuan berbeda dalam memahami mata pelajaran. Hal itu bergantung pada tipe gaya belajar yang dimilikinya. Gaya belajar adalah cara yang konsisten atau kebiasaan yang dilakukan individu dalam menyerap memproses dan mengelola stimulus pengalaman dan informasi. Menurut Mechael Brinder terdapat tiga macam tipe gaya belajar yaitu visual auditorial dan kinestetik. Dengan diketahuinya tipe gaya belajar pada setiap siswa diharapkan siswa tersebut dapat belajar dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal. Untuk mengetahui tipe gaya belajar yang dimiliki oleh setiap siswa sekolah dasar maka dilakukan pula penelitian terhadap pengembangan inventori gaya belajar berbasis software. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk inventori gaya belajar yang memiliki validitas dan reabilitas yang tinggi (2) Bagaimanakah bentuk inventori gaya belajar berbasis software (3) Bagaimanakah bentuk buku petunjuk penggunaan inventori gaya belajar berbasis software Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Borg and Gall. Subjek pengembangan dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Lawangan Daya II yang terletak di Kabupaten Pamekasan dengan menggunakan siswa kelas VI tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 20 orang. Penelitian ini menjalani beberapa tahap pengujian yaitu uji ahli bimbingan konseling uji ahli kelompok kecil uji lapangan dan uji ahli media. Penelitian ini juga menggunakan proses perhitungan validitas konstruk dan validitas internal dengan rumus Product Moment Pearson dan untuk reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha serta perhitungan penormaan dengan menggunakan rumus kelas interval sebagai pedoman untuk penyekoran dan menginterpretasikan hasil skor jawaban responden. Produk penelitian ini berupa inventori gaya belajar berbasis software yang berisi 60 item pernyataan inventori gaya belajar. Berdasarkan penilaian ahli bimbingan konseling terdapat kesesuaian antara sub variabel dengan indikator indikator dengan deskriptor deskriptor dengan item pernyataan inventori. Dari hasil uji kelompok kecil terdapat beberapa kalimat yang harus direvisi karena bahasa yang digunakan masih sulit dimengerti oleh siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil perhitungan validitas dari 60 pernyataan inventori sebanyak 49 pernyataan dinyatakan valid dan 11 pernyataan dinyatakan tidak valid dan hasil perhitungan reliabilitas yaitu sebesar 0.891 dinyatakan memiliki reliabilitas tinggi. ii Sedangkan untuk penormaan menggunakan rumus kelas interval yang diklasifikasikan menjadi tiga tingkatan yaitu tinggi sedang dan rendah. Dari penelitian ini dihasilkan produk berupa software inventori gaya belajar dan buku petunjuk penggunaan software inventori gaya belajar tersebut. Konselor sebaiknya dapat memanfaatkan software inventori gaya belajar ini dalam membantu siswa untuk mengatasi masalah dan mengoptimalkan hasil belajarnya. Selain itu konselor sebaiknya lebih meningkatkan efektivitas kinerjanya dengan memanfaatkan software inventori gaya belajar ini. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya memperbanyak sampel penelitian sehingga didapat hasil penelitian yang lebih komprehensif serta juga dapat mengembangkan inventori gaya belajar berdasarkan kecerdasan majemuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item