Saptarini, Rieka (2014) Penerapan pembelajaran inkuiri dengan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas 8A SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung / Rieka Saptarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saptarini Rieka. 2014. Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas 8 A SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kadim Masjkur M. Pd (II) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M. Pd. Kata Kunci inkuiri tutor sebaya kerja ilmiah prestasi belajar fisika 12288 12288 12288 12288 Dari hasil observasi di kelas 8A SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung saat pembelajaran terdapat beberapa kendala antara lain beberapa siswa masih pasif dan penggunaan laboratorium masih terbilang jarang juga membuat kemampuan kerja ilmiah siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendis-kripsikan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri dengan metode tutor sebaya (2) meningkatkan kerja ilmiah dan (3) prestasi belajar fisika siswa kelas 8A SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian tidakan kelas (PTK). Data penelitian yang berupa hasil observasi kemampuan kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa. Instrumen yang digu-nakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen perlakuan yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan instrumen pengukuran yaitu lembar observasi kerja ilmiah dan soal tes. Analisis data yaitu dengan paparan data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama penerapan pembelajaran inkuiri dengan me-tode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas 8A SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung. Pada siklus I memperoleh persentase sebe-sar 71 63% dan meningkat pada siklus II sebesar 87 63%. Kedua prestasi belajar fisika siswa kelas 8A SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung ini juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan persentase 72 4% ke siklus II dengan persentase 96 6% sebesar 24 2%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran inkuiri dengan metode tutor sebaya ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ketiga pene-rapan pembelajaran inkuiri dengan metode tutor sebaya ini berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Pada persentase keberhasilan guru yang diamati oleh obser-ver pada siklus I persentase keberhasilan pembelajaran inkuiri dengan metode tutor sebaya ini mencapai 86 67% dan pada siklus II mencapai 89 44%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18541 |
Actions (login required)
View Item |