Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk / Titis Dyah Arisanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk / Titis Dyah Arisanti

Arisanti, Titis Dyah (2014) Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk / Titis Dyah Arisanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arisanti Titis Dyah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono Koes H M.Pd M.A (II) Drs. Sumarjono M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran learning cycle 5E kerja ilmiah prestasi belajar 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran yanga digunakan masih konvensional. Praktikum jarang dilakukan sehingga sulit untuk melakukan penilaian terhadap kerja ilmiah. Dari 31 siswa hanya 15 siswa saja yang mencapai nilai KKM. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Learning cycle 5E adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dengan tahap-tahap yang diorganisasi sehingga siswa berperan aktif dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengikuti model Kemmis dan Mc. Taggart dengan subjek penelitian terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi Cahaya. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E kerja ilmiah dan prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Baron Kabupaten Nganjuk. Keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada siklus I yaitu 64 48% meningkat pada siklus II menjadi 79 02%. Jumlah siswa yang tuntas kerja ilmiah pada siklus I yaitu 67 74% meningkat pada siklus II menjadi 83 87%. Jumlah siswa yang tuntas prestasi belajar pada siklus I yaitu 61 29% meningkat pada siklus II 80 65%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/18539

Actions (login required)

View Item View Item