Nurrohma, Harsika Dwi (2014) Pengembangan bahan ajar integratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X pokok bahasan gerak lurus dan dinamika gerak / Harsika Dwi Nurrohma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nurrohma Harsika Dwi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Integratif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Pokok Bahasan Gerak Lurus dan Dinamika Gerak. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci bahan ajar integratif kemampuan berpikir tingkat tinggi gerak lurus dinamika gerak 12288 12288 12288 Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan keseimbangan sikap pengetahuan dan ketrampilan peserta didik dalam pembelajaran sehingga dalam pelaksanaannya diperlukan bahan ajar untuk mendukung proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan harus memiliki kriteria bahan ajar sesuai dengan kurikulum 2013 sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik. Hasil observasi di beberapa sekolah di Kota Malang menunjukkan bahwa bahan ajar yang beredar untuk kelas X dan digunakan siswa belum memenuhi kriteria kurikulum 2013. Salah satu cara yang ditempuh yakni dengan mengembangkan bahan ajar integratif untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar integratif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X pokok bahasan gerak lurus dan dinamika gerak. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain penelitian 4D dengan mengambil tiga langkah awal yakni pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan bahan ajar. Kelayakan diukur dengan menggunakan uji validitas oleh tim ahli (satu dosen fisika dan satu guru bidang studi fisika) serta uji coba terbatas oleh pengguna bahan ajar (lima belas siswa SMAN 8 Malang). Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian dan pengembangan ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik perhitungan rata-rata. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar integratif memperoleh nilai rata-rata 3 36 dari penilaian tim ahli yang berarti layak. Dari peserta didik diperoleh nilai rata-rata 3 52 yang berarti layak. Hal ini berarti bahan ajar yang disusun sudah layak untuk digunakan serta memiliki kelebihan dapat melatih kemampuan berpikir kognitif dan psikomorik peserta didik serta dapat mengembangkan sikap ilmiah. Adapun kekurangannya adalah bahan ajar terbatas pada materi gerak lurus dan dinamika gerak saja. Bahan ajar belum dapat diimplementasikan kepada peserta didik dalam skala besar sehingga disarankan untuk melakukan penelitian pengembangan lebih lanjut dengan melakukan tahap uji coba lebih luas hingga tahap diseminasi sehingga diperoleh bahan ajar integratif yang teruji validitasnya secara empiris.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/18534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |